Iklan dempo dalam berita

3 Karomah Menakjubkan Utsman bin Affan, Sahabat Rasulullah Pemilik Dua Cahaya

3 Karomah Menakjubkan Utsman bin Affan, Sahabat Rasulullah Pemilik Dua Cahaya

3 Karomah Menakjubkan Utsman bin Affan, Sahabat Rasulullah Pemilik Dua Cahaya--

Riwayat lain menyebutkan, Jahjah al-Ghifari kala itu mendekati Utsman yang sedang berkhutbah, lalu merebut tongkat tersebut dan mematahkannya dengan menggunakan lutut. Menyaksikan peristiwa itu orang-orang pun menjerit. Allah kemudian memberinya penyakit pada lutut Jahjah hingga tak sampai setahun ia meninggal dunia. (Riwayat Ibnu Sakan dari Falih bin Sulaiman yang saya kemukakan dalam Kitab Hujjatullah 'ala al-Alamin).

 

BACA JUGA:Kisah Santri yang Malas Sholat, Seketika Bertaubat Saat Melihat Karomah di Luar Nalar Gus Miek

 

2. Berbicara dengan Rasulullah jelang wafat

 

Abdullah bin Salam membesuk Sayyidina Utsman yang sedang dikurung dalam tahanan untuk mengucapkan salam kepadanya. Utsman bercerita: "Selamat datang saudaraku. Aku melihat Rasulullah dalam ventilasi kecil ini". Rasulullah bertanya, "Utsman, apakah mereka mengurungmu?’ Aku menjawab, 'Ya'. Lalu beliau memberikan seember air kepadaku dan aku meminumnya sampai puas.

 

Rasulullah lantas berkata lagi, "Kalau kamu mau bebas niscaya kamu akan bebas, dan kalau kamu mau makan bersama kami mari ikut kami. Kemudian aku memilih makan bersama mereka." Pada hari itu juga Sayyidina Utsman terbunuh dan wafat sebagai syuhada.

 

BACA JUGA:Awan Hitam Dibuat Tunduk, Karomah Gus Dur yang Membuat Dokter Kepresidenan Takjub

 

Jalaluddin al-Suyuthi mengatakan, kisah ini merupakan kisah masyhur yang diriwayatkan dalam kitab-kitab hadits dengan beberapa sanad berbeda, termasuk jalur sanad Harits bin Abi Usamah. 

 

Menurut Ibnu Bathis, apa yang dialami Utsman adalah mimpi pada saat terjaga sehingga bisa dianggap karomah, tidak seperti manusia pada umumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: