Iklan dempo dalam berita

5 Sifat Mulia Abu Bakar yang Patut Diteladani, Diberi Gelar as-Siddiq Oleh Rasulullah SAW

5 Sifat Mulia Abu Bakar yang Patut Diteladani, Diberi Gelar as-Siddiq Oleh Rasulullah SAW

5 Sifat Mulia Abu Bakar yang Patut Diteladani, Diberi Gelar as-Siddiq Oleh Rasulullah SAW--

5. Tawadhu

 

Sikap ini terlihat saat Abu Bakar diangkat menjadi khalifah. Dalam pidato politiknya, Abu Bakar menunjukkan ketawadhuannya dengan menyampaikan bahwa dia bukanlah orang yang terbaik di antara orang-orang kala itu.

 

Abu Bakar memperlihatkan bahwa dia bisa saja terjebak pada suatu kesalahan sehingga seorang pemimpin perlu menerima masukan agar kembali ke jalan yang benar. Berikut ini pidato Abu Bakar:

 

"Wahai umat manusia, sesungguhnya aku telah diangkat menjadi pemimpin kalian, padahal aku bukanlah orang yang terbaik di antara kalian. Karena itu, jika aku berbuat baik, tolonglah, namun jika aku berbuat kesalahan, bawalah aku kepada yang benar. Orang yang lemah dalam pandangan kalian akan kuat di sisiku, sehingga akan aku kembalikan haknya kepadanya. Sebaliknya, orang yang kuat di sisi kalian akan lemah dalam pandanganku, sehingga akan aku tegakkan kebenaran kepadanya.

 

BACA JUGA:Karomah Dahsyat Sunan Ampel, Menghidupkan Orang Mati Hingga Berjalan di Atas Air

 

Ingatlah, setiap kaum yang meninggalkan jihad fii sabilillah akan ditimpakan Allah kehinaan kepadanya, sedangkan setiap kejahatan yang tersebar dalam suatu kaum hanya akan mendatangkan bala secara umum. Taatlah kalian kepadaku selama aku mentaati Allah dan Rasul-Nya, dan kalau sekiranya aku mendurhakai Allah dan Rasul-Nya, maka tidak ada kewajiban kalian untuk mentaatiku."  

 

(Tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: