Iklan dempo dalam berita

Tingkatkan Produktivitas Pertanian, Dinas TPHP Provinsi Siapkan 1.889 Unit Bantuan Alsintan

Tingkatkan Produktivitas Pertanian, Dinas TPHP Provinsi Siapkan 1.889 Unit Bantuan Alsintan

Tingkatkan Produktivitas Pertanian, Dinas TPHP Provinsi Siapkan 1.889 Unit Bantuan Alsintan --

BACA JUGA:2 dari Bengkulu, Ini 7 Air Terjun Tertinggi di Sumatera, Jarak 50 Meter Sudah Basah

Dikatakan Plt Kepala Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Rosmala Dewi, pengadaan bantuan Alsintan ini, sesuai dengan program besar pembangunan Provinsi Bengkulu.

Pengadaan alsintan gratis untuk petani ini, menggunakan dana APBD Provinsi Bengkulu tahun 2023 sebesar Rp5,5 miliar. Rinciannya untuk pengadaan alat dan mesin pertanian senilai Rp5,1 miliar. Sedangkan untuk pengadaan pupuk non subsidi senilai Rp385 juta. 

BACA JUGA:Ini 12 Daerah Terpanas di Indonesia, Suhunya Bukan Kaleng-kaleng, Ini Penyebab dan Tipsnya

Seluruh alsintan ini ditarget tuntas didistribusikan kepada kelompok tani di Kabupaten/Kota pada akhir tahun nanti.

“Provinsi Bengkulu pada tahun 2023 mengadakan alsintan gratis kurang lebih sebanyak 1.889 unit, dengan anggaran total cukup besar yaitu Rp5,5 milliar,” ujar Rosmala Dewi (26/6).

Usulan kelompok yang menerima alsintan, berdasarkan pengajuan proposal didampingi tenaga penyuluh pertanian dari Dinas TPHP di lapangan. 

BACA JUGA:Tidak Mudah Menaklukan Perempuan dengan Shio Berikut, Mereka Sosok yang Mandiri

Kelompok tani diharap memanfaatkan bantuan alsintan dengan baik, sehingga mampu mendukung produktivitas pertanian di Provinsi Bengkulu. Sesuai dengan program pemerintah pada tahun 2045 yakni swasembada pangan.

Sementara itu, pada tahun 2022 lalu, Dinas TPHP Provinsi telah merealisasikan pengadaan alat dan mesin pertanian sebanyak 1.538 unit, pupuk non subsidi sebanyak 17.600 kilogram jenis NPK, dan 14.715 liter pupuk organik cair. 

BACA JUGA:Menggigil, Ini 7 Daerah Terdingin di Sumatera, Letaknya Dekat Bengkulu, Cocok Buat Liburan

“Sesuai dengan program pemerintah tujuan utama kita meningkatkan kesejahteraan petani, indikatornya adalah Nilai Tukar Petani (NTP). Salah satu kita harapkan alsintan ini bisa meningkatkan NTP petani, indikator NTP sudah baik berarti kesejahteraan petani meningkat jelas petani sejahtera pangan berdaulat,” tambah Rosmala Dewi.

Dian Maya Erika

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: