Iklan dempo dalam berita

Tradisi Unik Perayaan Idul Adha di Berbagai Daerah, Sapi Kurban Didandan Seperti Pengantin

Tradisi Unik Perayaan Idul Adha di Berbagai Daerah, Sapi Kurban Didandan Seperti Pengantin

Tradisi Unik Perayaan Idul Adha di Berbagai Daerah, Sapi Kurban Didandan Seperti Pengantin--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Idul Adha disebut juga sebagai Hari Raya Kurban karena diperingati dengan penyembelihan hewan kurban. Namun, beberapa daerah di Indonesia ada tradisi unik Idul Adha selain menyembelih hewan kurban, berikut ini ulasannya.

 

Hari Raya Idul Adha diawali dengan melaksanakan salat Idul Adha, biasanya umat muslim berkumpul di masjid atau lapangan terbuka. Setelah shalat, umat muslim kemudian melakukan penyembelihan hewan kurban, biasanya berupa sapi, kambing, atau domba.

 

BACA JUGA:Identik dengan Hari Raya Idul Adha, Ini 3 Jenis Sapi Termahal di Dunia, Ada yang Rp3 Miliar per Ekor

 

Hewan-hewan ini disembelih sebagai bentuk pengamalan akan pengorbanan Nabi Ibrahim AS terhadap putranya, Nabi Ismail AS. Setelah penyembelihan, daging kurban dibagikan kepada keluarga, tetangga, dan orang-orang yang membutuhkan. Tradisi ini merupakan simbol dari berbagi kebahagiaan dan saling peduli terhadap sesama.

 

BACA JUGA:Jelang Idul Adha Pedagang Daging Kebingungan, Modal Naik sedangkan Harga Jual Stabil

 

1. Manten Sapi, Pasuruan

 

Manten Sapi merupakan tradisi yang dilakukan masyarakat Pasuruan, Jawa Timur untuk menghormati hewan kurban yang akan disembelih. Menariknya, sapi-sapi warga yang hendak dijadikan kurban akan didandani secantik mungkin layaknya pengantin.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: