Iklan dempo dalam berita

Ada Cacing di Organ Hati Sapi, Amankah Dikonsumsi?

Ada Cacing di Organ Hati Sapi, Amankah Dikonsumsi?

Tim Keswan Temukan Cacing di Organ Hati Sapi --

BENGKULU TENGAH, RBTVCAMKOHA.COM - Pemeriksaan kesehatan terhadap daging hewan kurban di Bengkulu Tengah, dilakukan Dinas Pertanian di beberapa titik. 

BACA JUGA:Meningkat, Jumlah Hewan Kurban se-Provinsi Capai 9.933 Ekor

Pemeriksaan dilakukan tidak hanya pada daging, akan tetapi seluruh bagian dalam perut yang dikonsumsi, seperti hati. Dari pemeriksaan, ditemukan cacing di hati sapi.

Dokter hewan Dinas Pertanian Bengkulu Tengah Nursa Rima menjelaskan, hati sapi yang terdapat cacing ini, masih tetap layak konsumsi sehingga tidak ada masalah untuk dibagikan kepada penerima. 

Namun perlu diingatkan, agar dalam proses memasak dilakukan secara matang, sehingga cacing hati maupun kuman lain mati.

BACA JUGA:5 Tanda Tahi Lalat yang Dipercaya Membawa Keberuntungan, Rezekinya Manjur

“Untuk hasil temuan pemeriksaan tadi secara umum sehat, tetapi ada satu temuan yaitu pada hati terdapat cacing hati. Masih aman dikonsumsi, untuk yang bagian ada cacingnya itu dieliminasi dan bagian lainnya memang bisa dikonsumsi dan dimasak dengan matang,” ujar Tim Keswan Distan Bengkulu Tengah drh Nursa Rima (29/6). 

Kepala Dinas Pertanian Bengkulu Tengah Endang Sumantri menjelaskan, tim kesehatan hewan ini melakukan pemeriksaan di beberapa titik tempat pemotongan hewan kurban. 

BACA JUGA:5 Tanda Tahi Lalat yang Dipercaya Membawa Keberuntungan, Rezekinya Manjur

Selain memeriksa kesehatan daging dan isian dalam hewan, tim juga melakukan pendataan jumlah hewan yang dipotong dalam momen hari raya Idul Adha ini.

“Dari tim Dinas Pertanian khusus di bidang peternakan dalam rangka pemotongan ini mereka keliling se Kabupaten Bengkulu Tengah, sekalian mengecek kesehatan hewan kurban sekaligus menghitung jumlah,” kata Endang Sumantri.

Harri Sutriansyah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: