Iklan dempo dalam berita

Berawal dari Telaga yang Harum, Begini Legenda Asal-usul Nama Banyuwangi

Berawal dari Telaga yang Harum, Begini Legenda Asal-usul Nama Banyuwangi

Berawal dari Telaga yang Harum, Begini Legenda Asal-usul Nama Banyuwangi--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Banyuwangi adalah ibu kota Kabupaten Banyuwangi yang sekaligus menjadi pusat pemerintahan dan perekonomian dari Kabupaten Banyuwangi. 

 

Banyuwangi adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Selain itu Banyuwangi adalah ibu kota kabupaten ini.

 

BACA JUGA:Asal-usul Nama Kota Balikpapan, Mulai dari Legenda Papan yang Hilang Hingga Putri Petung

 

ASAL usul nama Banyuwangi erat kaitannya dengan sebuah kisah asmara bertepuk sebelah tangan di Kerajaan Blambangan. Diceritakan sang Raja bernama Prabu Sulahkromo jatuh cinta pada istri dari seorang patih Sidopekso yakni Sritanjung.

 

Kecantikan Sritanjung membuat Prabu Sulahkromo melakukan segala cara demi mendapatkan cinta Sritanjung. Dia sampai memberikan tugas berat pada Sidopekso dengan tujuan sang patih bakal meninggal dunia.

 

BACA JUGA:Cerita Mistis di Balik Asal-usul Nama Kota Pontianak, Dikaitkan dengan Sosok Kuntilanak

 

Sebelum tercipta nama Banyuwangi yang kini jadi bagian dari Provinsi Jawa Timur, kisah dimulai dari Prabu Sulahkromo berusaha keras menggoda istri patih Sidopekso. Segala cara dia gencarkan untuk merayu, tapi usahanya sia-sia lantaran Sritanjung adalah sosok wanita setia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: