Iklan dempo dalam berita

Biaya Pembuatan SIM Diusulkan Gratis, Setuju Nggak? Ini Kata Kemenkeu

Biaya Pembuatan SIM Diusulkan Gratis, Setuju Nggak? Ini Kata Kemenkeu

Ada usulan untuk menggratiskan biaya pembuatan SIM--

NASIONAL, RBTVCAMKOHAMCOM - Ada usulan penghapusan PNBP Surat Izin Mengemudi (SIM). Adapun usulan ini sebelumnya disampaikan oleh Kepala Korps Polisi Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri. Irjen Firman Shantyabudi.

 

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatarwata menyampaikan tanggapannya atas usulan tersebut. Usulan penghapusan PNBP SIM ini pada dasarnya ditujukan untuk menghindari pungli. 

 

Tak hanya itu, Firman juga mengusulkan agar pemesanan pelat nomor kendaraan menggunakan nama seseoranglah yang menjadi target PNBP.

BACA JUGA:Dibilang Pemalas, Nasib 3 Shio Ini Jadi Orang Kaya Raya Banyak Uang

 

Menurut Isa, sampai saat ini pungutan tarif PNBP dalam pembuatan SIM masih diberlakukan. Pasalnya, negara masih mengandalkan PNBP untuk melalukan pembangunan di Tanah Air.

 

Terlebih, masyarakat yang memiliki kendaraan seperti sepeda motor dan mobil dinilai mempunyai kemampuan untuk membayar pungutan PNBP yang ditetapkan dalam pembuatan SIM. Tidak semua masyarakat dipungut sehingga dinilai masih wajar.

 

"Tapi memiliki mobil, sepeda motor itu sudah kenikmatan ekstra layanan yang tidak harus dinikmati oleh semua orang. Itu kita memang ada pemikiran untuk ya sedapat mungkin negara ini, nanti pada saat negara sudah mampu itu gratis saja. Tetapi, pada saat ini kita juga masih perlu banyak kebutuhan pembangunan," jelasnya.

BACA JUGA:Rezeki 5 Shio Ini Lancar Namun Tidak Banyak, Sedikit tapi Rutin

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: