Iklan dempo dalam berita

Tabungan Abadi, Ini 3 Amalan yang Pahalanya Tidak akan Terputus Meski Sudah Meninggal Dunia

Tabungan Abadi, Ini 3 Amalan yang Pahalanya Tidak akan Terputus Meski Sudah Meninggal Dunia

3 amalan yang tidak terputus meski sudah meninggal dunia--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Siapa yang tidak ingin terus mendapatkan pahala meski sudah meninggal dunia. Pahala-pahala tersebut seperti tabungan abadi yang akan terus mengalir bagi pemiliknya walaupun sudah meninggal dunia.

 

Dalam ajaran Islam, setelah umat manusia dicabut nyawanya, maka amalan yang ada di dunia akan terputus dan pahala yang mengikutinya pun terhenti. 

 

Seluruh harta kekayaan, pangkat, jabatan, anak maupun istri, atau hal-hal berbau duniawi akan ditinggalkan.

BACA JUGA:Resep jika Ingin Kaya, Lakukan 6 Hal Berikut, Rumah Anda akan Sering Dikunjungi Malaikat Rezeki

 

Namun ada 3 amalan yang tidak terputus pahalanya setelah meninggal dunia. Amalan tersebut yakni sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak sholeh yang mendoakannya.

 

Tiga hal ini dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, dikutip dari kitab Syarah Riyadhus Shalihin Jilid 3 oleh Imam an-Nawawi, dari Abu Hurairah r.a., ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,

 

إِذَا مَاتَ ابْنُ آدَمَ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثٍ: صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ. رَوَاهُ مُسْلِمٌ

 

Artinya: "Apabila anak adam (manusia) telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya darinya, kecuali tiga perkara, yaitu sedekah jariyah (sedekah yang pahalanya terus mengalir), ilmu yang bermanfaat, atau anak saleh yang selalu mendoakannya." (HR Muslim No. 1631).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: