Iklan dempo dalam berita

Ikut Program Kuliah Gratis, 100 Kades dan Perangkat Desa Kuliah Perdana September Nanti

Ikut Program Kuliah Gratis, 100 Kades dan Perangkat Desa Kuliah Perdana September Nanti

DPMD Provinsi Bengkulu menggalakan program kuliah gratis untuk kades dan perangkat desa --

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM - Pemprov melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), tahun ini menyiapkan program kuliah gratis bagi para kades dan perangkat desa.


BACA JUGA:BPOM Gagalkan Peredaran Obat Ilegal Senilai Rp 130 Juta

Tahapannya saat ini, masih dalam proses seleksi administrasi. Jika tidak ada perubahan, 100 kades akan kuliah perdana di Universitas Terbuka (UT), pada September nanti.


Pemprov pun sudah menyiapkan anggaran Rp280 juta, untuk menjalankan program sebagai upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia para kepala desa di Provinsi Bengkulu ini. 

BACA JUGA:Tercatat 50 Kasus DBD, Diprediksi Potensi Meningkat Mulai Agustus

Kriteria kepala desa yang dapat mengikuti program kuliah gratis yakni minimal menjabat selama dua tahun, atau pernah menjadi perangkat desa. 

Selain itu jika kades yang tidak tamat SLTA, dapat menggunakan ijazah paket C dengan ditambah pengalaman selama menjabat. 

BACA JUGA:Sejak 2007, Tunggakan PBB P2 di Lebong Capai Rp 2,3 Miliar

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Bengkulu R.A Denni menjelaskan, jika di pertengahan jalan pada masa perkuliahan mengundurkan diri tanpa alasan yang kuat, maka kades harus mengganti biaya pendidikan yang digunakan.

“Kami sudah mengoreksi seleksi administrasi, kami akan mengambil 100 orang kades dan perangkat desa untuk dikuliahkan ke UT. Alhamdulillah sudah berjalan datanya sudah kami serahkan dengan UT. Kalau tidak ada halangan, nanti UT akan menyeleksi kembali berkas yang kami berikan, itu bulan September ada kuliah perdana,” kata R.A Denni (22/7).

Dian Maya Erika

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: