Iklan dempo dalam berita

Di APBD-P 2023 Pemprov, Rp 3 Miliar untuk Dana Pilkada

Di APBD-P 2023 Pemprov, Rp 3 Miliar untuk Dana Pilkada

Di APBD-P 2023 Pemprov, Rp 3 Miliar untuk Dana Pilkada--

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM - Dalam rapat antara Badan Anggaran DPRD Provinsi Bengkulu, dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Provinsi, dibahas terkait alokasi dana pilkada 2024, dalam APBD Perubahan 2023. 

BACA JUGA:Kirab Pemilu, Partisipasi Pemilih Ditargetkan di Atas 85 Persen

Hasil pembahasan, dialokasikan dana sebesar Rp3 miliar untuk persiapan Pilkada 2024. 

Disampaikan Anggota Badan Anggaran DPRD Provinsi Bengkulu Edwar Samsi, ada dana sekitar Rp201 miliar, hasil silpa anggaran tahun 2022. 

BACA JUGA:Mantul, Baru Daftar Dapat Rp 130 Ribu, Ini Aplikasi Penghasil Uang Tercepat 2023

Rp80 miliar untuk menutup defisit APBD tahun berjalan, sehingga tersisa dana Rp121 miliar yang bisa digunakan, termasuk untuk dana pilkada. 

Dana pilkada ini harus dianggarkan di APBD Perubahan 2023, sesuai dengan arahan Kemendagri. Dalam arahan, dana pelaksanaan pilkada harus dianggarkan 1 tahun sebelumnya, yakni di tahun 2023 sebesar 40 persen, dan sisanya dianggarkan di tahun 2024. 

BACA JUGA:5 Aplikasi Pinjol Resmi OJK yang Gak Perlu Verifikasi Wajah, Buruan Cek!

“Ke Bawaslu, ke KPU itu Rp 3 milliar dalam rangka pilkada. Karena dalam surat edaran dalam Kemendagri tanggal 24 Januari 2023 memang kita harus menyiapkan anggaran 1 tahun sebelumnya 40 persen dan tahun berikutnya pelaksanaan pilkada 60 persen,” kata Edwar Samsi (9/8).

Sementara itu, untuk sisa anggaran lainnya, digunakan untuk membayar tambahan penghasilan atau tamsil guru, Tunjangan Penghasilan Guru (TPG) atau sertifikasi guru, pelaksanaan program PBI, JKN – KIS BPJS Kesehatan sebesar Rp3,6 miliar. 

BACA JUGA:Selain Tanpa Bunga, 5 Pinjol Syariah Berikut Ini Berikan Limit Besar Hingga Rp500 Juta

Serta paling banyak untuk membayar dana bagi hasil atau DBH ke pemerintah kabupaten dan kota sebesar Rp50 miliar. 

“Tambahan penghasilan guru, kemudian ada TPG yang memang harus kita anggarkan. Ada lagi kurang lebih sekitar Rp50 milliar Dana Bagi Hasil ke sepuluh Kabupaten/Kota triwulan ke 3,” sambung Edwar Samsi.

Siska Harliana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: