Iklan dempo dalam berita

Jangan Salah, Bukannya Pahala Sedekah juga Bisa Menjadi Dosa, Begini Penjelasan Gus Baha

Jangan Salah, Bukannya Pahala Sedekah juga Bisa Menjadi Dosa, Begini Penjelasan Gus Baha

Gus Baha--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ulama Indonesia, KH. Ahmad Bahauddin Nusalim atau Gus Baha menerangkan tentang sedekah yang dalam Islam banyak mendatangkan manfaat untuk yang memberi. 

 

Sedekah dalam Islam, kata Gus Baha, berasal dari kata shadaqah. Dalam Bahasa arab memiliki arti mengamalkan atau menginfaqkan harta di jalan Allah SWT. 

 

Namun perlu dipahami, kegiatan sedekah dalam Islam bukan hanya semata-mata menginfaqkan harta di jalan Allah SWT atau menyisihkan sebagian uang pada fakir miskin. Sedekah juga mencakup segala macam dzikir (tasbih, tahmid, dan tahlil) dan segala macam perbuatan baik lainnya. 

BACA JUGA:Top Up Saldo PayPal Lewat GoPay, Dijamin Praktis, Ikuti Caranya Berikut

 

Namun yang harus diperhatikan umat muslim, tegas Gus Baha, ketika kita memberi sedekah dengan mengharap imbalan lebih banyak, itu sangat dilarang Allah SWT. “Karena itu juga bisa diartikan sebagai riba dalam Islam dan Islam melarang perbuatan riba,” tegas Gus Baha. 

 

Lalu bagaimana cara sedekah yang baik dalam Islam? Gus Baha menjelaskan, dalam Islam kita mengenal sedekah sirri dan sedekah terang-terangan. Terkadang kita juga harus melakukan sedekah terang-terangan agar bisa menjadi contoh bagi orang lain. 

 

“Namun yang harus diingat, jangan sampai kita melakukan hal tersebut dengan niat ingin mendapat pujian dari banyak orang akibat perbuatan baik yang kita lakukan,” tegas Gus Baha 

 

Ketika kita ingin melakukan suatu perbuatan amal baik, kita harus ikhlas karena Allah dan dengan tujuan mendapat ridho dari Nya. “Jika ingin mendapat pujian, maka itu sama saja dengan perbuatan riya, dalam Islam riya sendiri merupakan perbuatan tercela yang dibenci Allah SWT,” ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: