Iklan dempo dalam berita

Tolak Tambang Pasir Besi, Warga Pasar Seluma Gelar Upacara HUT RI di Pantai

Tolak Tambang Pasir Besi, Warga Pasar Seluma Gelar Upacara HUT RI di Pantai

Tolak Tambang Pasir Besi, Warga Pasar Seluma Gelar Upacara HUT RI di Pantai--

SELUMA, RBTVCAMKOHA.COM - Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-78 di Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, tak hanya berlangsung di instansi perkantoran pemerintah.


BACA JUGA:Bawaslu RI Umumkan 3 Nama Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Periode 2023-2028

Menariknya, peringatan Hari Kemerdekaan bangsa ini juga dilakukan warga Desa Pasar Seluma yang kontra terhadap keberadaan tambang pasir besi, dengan menggelar upacara bendera di muara baru Pantai Pasar Seluma, pada Kamis pagi (17/8), sekitar pukul 08.30 WIB. 

Mayoritas warga setempat yang antusias menggelar upacara ini adalah para perempuan Desa Pasar Seluma yang selama ini masif menyuarakan aspirasi mereka yang menolak keberadaan tambang pasir besi di desanya.


BACA JUGA:Amalkan Sholawat Nabi Ini, Rezeki akan Mudah Datang dan Diberi Kesehatan

Hal ini diungkapkan Nevi Anggraini (34) salah seorang aktivis perempuan Desa Pasar Seluma.

Menurutnya, Hari kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus, diperingati sebagai hari keberhasilan rakyat Indonesia dalam mengusir penjajah yang merampas hak-haknya. 

BACA JUGA:Saldo GoPay Tiba-tiba Hilang? Tenang, Begini Cara Klaimnya dan akan Dikembalikan 100 Persen

"Aksi ini merupakan wujud masyarakat Desa Pasar Seluma yang masih berjuang mempertahankan kemerdekaannya dari ancaman tambang pasir besi, karena merdeka bagi masyarakat adalah ketika suara mereka didengar dan dipenuhi," ujar Nevi Anggraini.

Kemudian Midi (48) perwakilan masyarakat Pasar Seluma menyampaikan selama hampir 2 tahun, perempuan dan masyarakat Desa Pasar Seluma memperjuangkan lingkungan dan haknya atas lingkungan hidup. 

BACA JUGA:Patuh dan Sayang dengan Pasangan, 7 Shio Wanita Ini Selalu Didampingi Malaikat Rezeki

Berbagai upaya telah dilakukan pihaknya, dengan mendatangi seluruh instansi terkait, mulai dari pemerintah Desa, Kabupaten, Provinsi, Kementerian hingga bertemu langsung dengan presiden Joko Widodo.

Namun menurutnya, belum juga ada kebijakan yang adil untuk masyarakat pejuang lingkungan dan ruang hidup di Desa Pasar Seluma. 

BACA JUGA:Hubungkan Akun GoPay ke Tokopedia, Begini Caranya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: