Iklan dempo dalam berita

Perbandingan Gaji Kades, Perangkat Desa, PNS dan PPPK 2023, Siapa yang Lebih Tajir dan Gagah?

Perbandingan Gaji Kades, Perangkat Desa, PNS dan PPPK 2023, Siapa yang Lebih Tajir dan Gagah?

Perbandingan gaji Kades dan Sekdes--

 

Sementara itu, perangkat desa termasuk sebagai unsur penyelenggaraan pemerintahan desa. Soal perangkat Desa telah diatur dalam peraturan daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2018 tentang Perangkat Desa.

Untuk diketahui Perangkat Desa termasuk salah satu unsur penyelenggara Pemerintah Desa yang memiliki tugas membantu Kepala Desa dalam menyelenggarakan pemerintahannya. 

Pemerintahan Desa adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Lantas apa yang dimaksud dengan Perangkat Desa? 

Perangkat Desa terdiri dari apa saja? 

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Perangkat Desa, simak penjelasan dan serba-serbinya berikut ini.

 

Perangkat Desa Adalah

 

Apa itu Perangkat Desa? Menurut Pasal 1 Perda No. 2 Tahun 2018, pengertian Perangkat Desa adalah unsur staf yang membantu Kepala Desa dalam penyusunan Kebijakan dan koordinasi yang diwadahi dalam Sekretariat Desa, dan unsur pendukung tugas Kepala Desa dalam pelaksanaan kebijakan yang diwadahi dalam bentuk pelaksana teknis dan unsur kewilayahan.

Perangkat Desa adalah salah satu unsur penyelenggaraan kegiatan pemerintahan desa, yang merupakan unsur sangat penting dalam peningkatan kelancaran penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat di desa.

Sehingga perlu mendapat perhatian dengan mengatur mengenai tata cara pengangkatan dan pemberhentian serta keberadaannya.

BACA JUGA:Terbaru, Seperti Ini Aturan Masa Jabatan dan Syarat Usia Ketua RT

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: