Iklan dempo dalam berita

Bukan Sekali, Setiap Hari Malaikat Maut 70 kali Memandang Wajah Kita, Termasuk saat Tertawa dan Menangis

Bukan Sekali, Setiap Hari Malaikat Maut 70 kali Memandang Wajah Kita, Termasuk saat Tertawa dan Menangis

Setiap hari malaikat maut 70 kali memandang wajah manusia--

 

إن ملك الموت لينظر في وجوه العباد كل يوم سبعين نظرة، فإذا ضحك العبد الذي بعث إليه يقول: يا عجبا، بعثت إليه لأقبض روحه وهو يضحك

 

Artinya: "Sesungguhnya Malaikat Maut memandang wajah para hamba setiap hari 70 kali. Ketika manusia tertawa, Malaikat Maut yang diutus itu pun berkata: Sungguh aneh dia, aku diutus untuk mencabut rohnya, sedangkan ia masih sempat tertawa."

 

Imam Syamsuddin Al-Qurthubi menjelaskan, hadits tersebut diriwayatkan Abu Hadbah Ibrahim bin Hadbah dari Anas bin Malik RA, dari Rasulullah SAW. 

 

Dalam At-Tahrir Al-Murassakh dikatakan bahwa hadits tersebut adalah maudhu' atau palsu. Menurut Ibnu Hatim, Abu Hadbah adalah pendusta.

BACA JUGA:Setiap Hari Malaikat Maut 5 kali Berdiri di Depan Pintu Rumah Kita, Menanti Tibanya Ajal

 

Selain itu, ada pula hadits yang menyebut bahwa Malaikat Maut berdiri di pintu rumah-rumah lima kali sehari. Hadits ini diriwayatkan secara marfu' pada khabar yang masyhur dalam Kitab Al-Arba'in, dari Anas bin Malik RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda,

 

"Tidak satu pun rumah, melainkan Malaikat Maut berdiri di pintunya lima kali sehari. Apabila dia menemukan seseorang sudah habis jatah makannya dan berakhir ajalnya, maka dia menimpakan sakaratul maut kepadanya, sehingga orang itu diliputi kesusahan-kesusahan maut dan dihimpit tekanan-tekanannya. Lalu, di antara keluarganya ada yang mengurai rambutnya, memukul-mukul mukanya, menangis saking sedihnya, dan berteriak menyesali kecelakaannya.

 

Maka berkatalah Malaikat Maut Alaihissalam, 'Celaka kalian, kenapa kalian kaget, kenapa kalian gusar? Aku tidak menghilangkan rezeki seorang pun dari kamu sekalian, aku tidak memperpendek ajalnya, aku tidak datang kepadanya kecuali diperintah, dan aku tidak akan mencabut nyawanya kecuali setelah aku baca daftarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: