Iklan dempo dalam berita

Musik Dangdut Mengguncang Dunia, Resmi Diusul Sebagai Budaya Tak Benda Indonesia

Musik Dangdut Mengguncang Dunia, Resmi Diusul Sebagai Budaya Tak Benda Indonesia

Musik Dangdut Mengguncang Dunia, Resmi Diusul Sebagai Budaya Tak Benda Indonesia--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ini luar biasa. Musik dangdut, yang disukai banyak orang, makin mengguncang dunia. Saat ini musik dangdut resmi diusulkan ke United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sebagai budaya tak benda milik Indonesia.
Kabar ini disampaikan oleh musisi dangdut tersohor, Rhoma Irama, usai menjalani sidang penetapan dangdut sebagai warisan budaya tak benda milik Indonesia.

 

BACA JUGA:Sejarah Ditemukannya Candi Borobudur hingga Ditetapkan UNESCO Sebagai Situs Warisan Dunia

“Tadi sidang penetapan warisan budaya tak benda, oleh Indonesia untuk UNESCO. Dangdut kita daftarkan ke UNESCO sebagai warisan budaya tak benda, didorong oleh pemerintah lewat Kemendikbud,” kata Rhoma.
Rhoma mengatakan, proses pengusulan musik dangdut ke UNESCO memang sudah berlangsung lama. Namun, atas bantuan dari pemerintah, musik dangdut bisa segera diusulkan ke UNESCO.

 

BACA JUGA:Warisan Budaya Indonesia Terbanyak Ketiga di UNESCO, Ini Daftarnya

 

“Waktu itu infonya dalam antrean. Tapi akhirnya sekarang ini kita ulangi lagi, atas bantuan dari Dinas Kebudayaan DKI, akan mendorong ini ke Kemendikbud. Dan barusan telah ditetapkan untuk bisa didorong ke UNESCO,” tutur Rhoma.
Pria 76 tahun itu menyatakan, musik dangdut juga semakin mendunia. Bahkan, menurutnya, sejumlah musisi internasional mendengar musik dangdut.

Penyanyi Barat Lantunkan Lagu Dangdut

Ditambahkan Rhoma, salah satu contohnya, adalah penyanyi asal Inggris, Joss Stone, yang pernah datang ke rumahnya. Stone, berdasarkan keterangan Rhoma, mengungkapkan bahwa dirinya merupakan penggemarnya.
Rhoma menyatakan Stone sempat menyanyikan lagu Judi ketika bertemu dengannya. Itu menjadi bukti bahwa musik dangdut juga didengar di Inggris. “Saya juga pernah dapat royalti dari Inggris, poundsterling, lagu Begadang," ucapnya.


Rhoma berharap musik dangdut bisa diketahui oleh lebih banyak orang apabila resmi menjadi warisan tak benda. "Mudah-mudahan dengan melalui UNESCO ini bisa jadi kenyataan dan dikenal lebih luas lagi," ujarnya.
Terpisah, Kepala Bidang Perlindungan Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Linda N Riani, mengatakan bahwa pihaknya akan meneruskan hasil sidang penetapan ke Kemendikbudristek.

 

BACA JUGA:Dengerin Musik di Aplikasi Ini Dapat Uang hingga Rp 500 Ribu, Lumayan untuk Tambahan Jajan

“Tahapannya memang harus dari daerah, dari provinsi Jakarta ke Kemendikbudristek, setelah itu dari Kemendikbudristek ke UNESCO," kata Linda.

Ini Daftar Lagu Dangdut yang Lagi Hits
Musik angdut semakin diminati oleh masyarakat. Banyak lagu dangdut yang viral dan dinyanyikan oleh beberapa musisi milenial.


Tak jarang, lagu-lagu dangdut pun trending di berbagai media sosial. Apa saja daftar lagu dangdut viral terbaru 2023? Lagu-lagu dangdut viral yang seringkali terdengar di media sosial yaitu mulai dari Rungkad hingga Ngopi Maszeh. Berikut daftar lagu beserta liriknya:

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: