Iklan dempo dalam berita

Berhasil Dikendalikan, Inflasi Bengkulu Diangka 2,01 Persen

Berhasil Dikendalikan, Inflasi Bengkulu Diangka 2,01 Persen

Berhasil Dikendalikan, Inflasi Bengkulu Diangka 2,01 Persen--

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM - Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Provinsi Bengkulu, tingkat inflasi saat ini sebesar 2,01 persen. Dengan deflasi minus 0,07 persen dengan tingkat inflasi year-on-year di Kota Bengkulu mencapai 3,40 persen

BACA JUGA:Pinjol Bunga Rendah, Resmi OJK dan Tenor Panjang Sampai 2 Tahun, Proses Pengajuan Mudah

Kepala BPS Provinsi Win Rizal menyebut hal ini merupakan pencapaian yang membanggakan karena inflasi Bengkulu berhasil dikendalikan.

Inflasi terjadi akibat kenaikan harga pada sejumlah kelompok pengeluaran, mulai dari transportasi sebesar 12,12 persen dan kelompok penyediaan makanan dan minuman restoran sebesar 2,50 persen.

BACA JUGA:Kenapa Harga BBM Bisa Naik? Ternyata 4 Hal Ini Penyebabnya

Win Rizal menyatakan nilai deflasi minus 0,07 persen hingga Agustus 2023 ini adalah pencapaian yang membanggakan karena inflasi berhasil dikendalikan. 

Sementara itu, untuk nilai tukar petani (NTP) Provinsi Bengkulu pada Agustus 2023 mencapai 147,15 atau naik 2,38 persen dibandingkan bulan sebelumnya. 

BACA JUGA:Pengajuan KUR BRI Rp100 Juta 2 Hari Cair, Catat Syarat dan Cara Jitu Pengajuan Agar Disetujui

"Ini merupakan salah satu pencapaian yang bagus sekali ya hingga agustus, dari tingkat inflasi 2,01 persen defisit kita diangka 0,07 persen. Ini berarti kita mampu menekan inflasi sehingga kita harapkan ini akan bertahan hingga akhir tahun," ujarnya (1/9). 

Sementara itu, data BPS juga ada peningkatan NTP yang disebabkan oleh kenaikan indeks harga yang diterima petani (IT) sebesar 2,21 persen, sedangkan indeks harga yang dibayarkan petani (IB) turun sebesar 0,17 persen. 

Nilai tukar usaha rumah tangga pertanian Provinsi Bengkulu pada Agustus 2023 mencapai 140,42 atau naik 2,21 persen dibandingkan dengan ntup bulan sebelumnya.

BACA JUGA:Info Terbaru, Kata Menteri ESDM Pertamax Green 92 Belum Dijual Tahun Depan, Pertalite Masih Ada di SPBU

Ditambahkan oleh Win Rizal untuk Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang di Provinsi Bengkulu pada Juli 2023 mencapai 53,93 persen atau meningkat dibandingkan dengan TPK hotel berbintang pada Juni 2023 yang mencapai 47,35 persen.  

Dari data Badan Statistik, Provinsi Bengkulu menempati urutan ke-5 di pulau Sumatera dengan tingkat penghunian kamar sebesar 53,93 persen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: