Iklan dempo dalam berita

6 Kisah Pengkhianatan Terkenal Dalam Sejarah, Ada yang Pura-pura Masuk Islam untuk Hancurkan Aceh

6 Kisah Pengkhianatan Terkenal Dalam Sejarah, Ada yang Pura-pura Masuk Islam untuk Hancurkan Aceh

Christian Snouck Hurgronje yang dikenal sosok pengkhianat masa penjajahan belanda--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – terminology penghianat lazim ditujukan kepada orang dekat, namun memihak orang lain untuk menjatuhkan seseorang. 

Pengkhianat sudah ada sejak dahulu kala dengan berbagai motif dan tujuan. Di dalam sejarah terdapat beberapa nama yang identik dengan kata pengkhianat. 

Berikut 6 kisah pengkhianatan paling terkenal sepanjang sejarah. Ada tokoh-tokoh di negara tertentu yang justru menjadi pengkhianat. Sebaliknya, ada pula penyusup yang menghancurkan musuh dengan melakukan penyamaran. Berikut adalah 6 pengkhianatan paling terkenal dalam sejarah dunia.

BACA JUGA:5 Shio Ini Pengkhianat, Sangat Pintar Bersandiwara Padahal Hatinya Busuk

 

1. Christian Snouck Hurgronje

 

Nama Hurgronje juga cukup dikenal sebagai pengkhianat terkenal di Indonesia pada masa kolonialisme Belanda. Hurgronje sendiri adalah penasihat urusan pribumi untuk pemerintah Hindia Belanda, yang lahir di Oosterhout pada 8 Februari 1857.

Sejarah mencatat, Hurgronje rela menjadi muslim untuk melemahkan Islam di Aceh, terutama ketika perang Aceh melawan pemerintah Belanda pada tahun 1873 hingga 1915.

Hurgronje memang memiliki kemampuan berbahasa Arab sangat baik. Di sisi lain, ia juga mempunyai kemampuan bergaul dan berinteraksi yang mumpuni terhadap orang-orang sekitarnya.

Tak heran, jika Hurgronje mendapat izin memasuki Mekah di tahun 1884. Dalam perang Aceh, Hurgronje yang mengaku seorang muslim berperan besar dalam hancurnya perlawanan penduduk Aceh. Dengan kemenangan Belanda, ia diberi kepercayaan untuk membentuk kebijakan kepada pemerintah Belanda.

BACA JUGA:Bingung Motor Matic Anda Boros Minum Bensin? Berikut Ini Jawabannya

 

2. Wang Jingwei

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: