Iklan dempo dalam berita

Umat Islam Sebaiknya Tidak Memakai Cincin pada Dua Jari Berikut

Umat Islam Sebaiknya Tidak Memakai Cincin pada Dua Jari Berikut

Umat Islam dianjurkan tidak memakai cincin pada jari tengah dan telunjuk--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Cincin salah satu perhiasan yang banyak digunakan baik perempuan maupun laki-laki.

 

Islam tidak melarang umatnya memakai cincin. Namun yang perlu diperhatikan agar tidak berlebihan. Selain itu ada beberapa anjuran lain dalam memakai cincin.

 

Penjelasan Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal, cara memakai cincin telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Mengutip kitab Syamail Muhammad, yang membahas kepribadian dan akhlak Nabi Muhammad SAW, Abduh mengatakan bahwa laki-laki dilarang mengenakan cincin di jari tengah dan telunjuk.

BACA JUGA:Nabi Muhammad Suka Memakai Cincin, Seperti Ini Bentuk Cincin Nabi Muhammad

 

Ustadz Abduh kemudian mengutip hadist yang diriwayatkan Anas bin Malik, bahwa Nabi Muhammad SAW biasa mengenakan cincin di sini (Anas berisyarat pada jari kelingking). Sementara untuk perempuan bisa dipakai di jari mana saja.

 

"Imam Nawawi juga sepakat, menurut sunnah cincin pria diletakan di jari kelingking. Sementara untuk wanita di jari mana saja," kata Ustadz Abduh.

BACA JUGA:Fenomena Langit Bulan September 2023, Ada Bulan Purnama dan Hujan Meteor

  

Masih bersumber pada kitab Syamail Muhammad, disebutkan dalam hadist yang diriwayatkan Ali bin Abi Thalib. "Ali bin Abi Thalib mengatakan bahwa Rasulullah SAW melarang padaku untuk memakai cincin pada dua jari. Ia berisyarat pada jari tengah dan jari telunjuk". 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: