Iklan dempo dalam berita

Titisan Bangsawan, Kalender Jawa Sebut 7 Weton Ini Kaya, Berkuasa dan Berbudi Luhur

Titisan Bangsawan, Kalender Jawa Sebut 7 Weton Ini Kaya, Berkuasa dan Berbudi Luhur

7 Weton yang memiliki kekayaan hingga berbudi luhur--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Masyarakat Jawa dikenal memiliki beragam kebudayaan yang menarik untuk diulas.

 

Tak hanya upacara adat istiadat, seni musik dan, pakaian tradisional, masyarakat Jawa juga memiliki penanggalan hari tradisional atau kalender Jawa.

 

Weton Jawa kerap dikaitkan dengan neptu dan berbagai ramalan dari suku Jawa. Bahkan, sampai saat ini, weton masih banyak digunakan oleh sebagian masyarakat Jawa dalam melakukan perhitungan hari dan ramalan masa depan.

BACA JUGA:Kisah Mistis Presiden Indonesia, Soekarno Konon Punya Wesi Kuning, Soeharto Sering Bertapa di Gunung

 

Perhitungan untuk kalender Jawa weton ini sesuai dengan weton atau hari lahir seseorang yang berdasarkan pakem atau aturan Jawa. Dalam kalender Jawa, terdapat 7 hari dalam seminggu yang memiliki 5 hari pasaran Jawa, yaitu Legi, Paing, Pon, Wage, serta Kliwon.

 

Siklus 5 hari pasaran ini disebut juga dengan pancawara atau Hari Jawa. Perhitungan kalender Jawa itu menggabungkan siklus 5 hari pasaran dan siklus 7 hari biasa pada kalender Masehi.

 

Kemudian tercipta lah kombinasi hari Jawa dengan Masehi, seperti Senin Pahing, Selasa Legi, Jumat Kliwon, dan masih banyak lagi. Cara menghitung weton tentu tak hanya bermakna sebagai hari lahir semata.

BACA JUGA:Paling Sakti dan Sakral dalam Penanggalan Kalender Jawa, Rabu Pahing Cerdas dan Beruntung

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: