Iklan dempo dalam berita

Prediksi BMKG, Awal Musim Hujan akan Dimulai Bulan Berikut

Prediksi BMKG, Awal Musim Hujan akan Dimulai Bulan Berikut

Prediksi musim hujan di Indonesia--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Di beberapa daerah di Indonesia sudah mengalami kekeringan. Selain sulit mendapatkan air bersih, para petani juga mengeluhkan kondisi sawah mereka yang sudah kekeringan.

 

Saat ini, Indonesia memang masih berada di musim kemarau. Karenanya banyak masyarakat yang menanti musim hujan.

 

Terbaru, BMKG memperkirakan awal musim hujan di Indonesia mulai pada bulan November 2023 mendatang.

 

Namun Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati menjelaskan akhir musim kemarau dan awal musim hujan tahun 2023 di wilayah Indonesia tidak sama untuk setiap daerah. 

BACA JUGA:Angin Lebih Kencang Beberapa Hari Terakhir, Ini Penyebabnya Menurut BMKG

 

Dalam keterangannya, Dwikorita menyampaikan awal musim hujan umumnya berkaitan erat dengan peralihan angin timuran atau angin dari arah Australia atau disebut Monsun Australia yang beralih menjadi angin baratan atau Monsun Asia, yaitu angin yang berasal dari arah Benua Asia.

 

Angin yang berasal dari Benua Asia membawa uap-uap air dari Samudera Pasifik di sekitar Asia. Kondisi ini diharapkan akan segera memberikan awan-awan hujan yang kemudian mendatangkan awal musim hujan di wilayah Indonesia.

 

"Angin dari Benua Asia membawa uap-uap air Pasifik di sekitar Asia, maka diharapkan segera memberikan awan-awan hujan, kemudian mendatangkan awal musim hujan di wilayah Indonesia," jelas Dwikorita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: