Iklan dempo dalam berita

9 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Liburan Natal dan Tahun Baru

9 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Liburan Natal dan Tahun Baru

Ist. Radar Cirebon--

BENGKULU,RBTV.COM- Liburan akhir tahun merupakan salah satu momen yang ditunggu oleh masyarakat. Bahkan persiapan pun telah jauh-jauh hari dilakukan, mulai dari biaya, menentukan tempat liburan, kendaraan hingga pakaian.

Namun tidak sedikit masyarakat yang teledor dengan tidak memperhatikan keamanan rumah saat liburan dengan waktu yang cukup lama.   Tidak hanya menjadi incaran pelaku kejahatan, kebarakan juga mengintai rumah yang tinggal liburan.

Berikut Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Liburan Natal Dan Tahun Baru

1.Pintu Dan Jendela Agar Rumah  Sudah Dalam Keadaan Terkunci

Periksa dan pastikan  kembali pintu dan jendela dalam keadaan benar-benar terkunci sebelum meninggalkan rumah, tutup jendela dengan hordeng untuk agar tidak bisa terlihat dari luar.

2.Pasang Jebakan Di Pintu Dan Jendela

Salah satu cara mengurungkan niat pelaku kejahatan untuk beraksi dengan cara memasang jebakan yang dapat menimbulkan suara keras saat pelaku berupaya membuka paksa pintu dan jendela.

3. Penerangan Yang Cukup

Kondisikan lampu teras untuk menyalah pada malam hari, anda bisa meminta tolong tetangga untuk menghidupkan lampu teras pada malam hari atau menggunakan lampu otomatis yang bisa hidup jika kondisi gelap.

4.Kondisi Listrik Dan Kompor Di Dalam Rumah

Pastikan semua listrik dalam kondisi aman saat meninggalkan rumah, lepas semua kabel yang masih tersambung, turunkan NCB AC ( Air Kondicioner , dan pastikan kompor gas tidak tersambung dengan tabung gas). Tujuannya  agar terhindari terjadinya kebakaran.

5. Pasang Pengawas CCTV

Meskipun rumah dalam kondisi tidak ada penghuni, anda bisa tetap memasang kamera CCTV, tujuannya untuk memantau kondisi rumah dan juga dapat mengurungkan niat pelaku kejahatan karena identitas takut terbongkar

6. Cari Penjaga Rumah

Salah satu alternatife yang jitu saat meninggalkan rumah yaitu mencari penjaga rumah, anda bisa meminta sanak keluarga, jika tidak ada, bisa membayar orang untuk menjaga rumah, sehingga liburan anda bisa tenang.

7. Amankan Barang Berharga

Sebelum meninggalkan rumah, wajib untuk mengamankan barang berharga. Jangan meninggalkan barang berharga seperti perhiasan, uang tunai dan koleksi bernilai lainya saat rumah kosong. Titipkan kepada sanak saudara anda yang bisa dipercaya.

8.  Beri Kabar  Kepada  Rt/Rw, Kemananan Dan Tetangga

Sebelum meninggalkan rumah, berikan kabar dan berpamitan kepada ketua rt/rw, keamanan dan tetangga. Minta tolong untuk memantau kondisi rumah dan memberikan kabar saat sedang ditinggal.  

9. Berdoa

Berdoalah sebelum meninggalkan rumah, sehingga terhindari dari hal yang tidak diinginkan.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: