Iklan dempo dalam berita

Semangat Pertahankan Bela Negara di Tanah Kelahiran Fatmawati

Semangat Pertahankan Bela Negara di Tanah Kelahiran Fatmawati

Kegiatan Kemah Bela Negara dibuka Sekjen Kwarnas Gerakan Pramuka Mayjen TNI (Purn) Bachtiar Utomo, Sabtu (17/12) di Halaman Balai Raya Semarak--

BENGKULU, RBTV.COM - Sekjen Kwarnas Gerakan Pramuka Mayjen TNI (Purn) Bachtiar Utomo membuka Kemah Bela Negara (KBN) di Bumi Rafflesia. Selain upacara pembukaan, ada juga penampilan dhol dan tari jari-jari. Kemah Bela Negara ini akan berlangsung hingga 22 Desember nanti. 

Disampaikan Sekjen Kwarnas dirinya mengapresiasi Bengkulu sebagai tuan rumah. Bengkulu juga secara khusus dipilih karena menjadi salah satu tempat bersejarah, yakni tempat kelahiran Ibu Negara Pertama dan tekpat bendera merah putih dijahit. 

KBN ini diikuti 1.200 peserta dari 22 Provinsi di Indonesia. Peserta ini dinapkan di rumah masyarakat di Kabupaten Bengkulu Tengah dan Seluma. Disiapkan sasaran materi fisik berupa bakti ke masyarakat dan non fisik berupa materi. Sebagai upaya untuk membangkitkan semangat bela negara.

"Bagaimana melalui gerakan pramuka ini membangkitkan semangat bela negara. Jadi dalam gerakan pramuka itu nuansanya banyak mengandung bela negara," ujar Sekjen Kwarnas Bachtiar.

Ketua Kwarda 07 Bengkulu Hamka Sabri meminta kwarcab dan masyarakat bisa menjadi tuan rumah yang baik dan mendukung seluruh rangkaian kegiatan kemah bela negara. 

"Kwarda 07 Bengkulu sebagai tuan rumah. Mari kita menjadi tuan rumah yang baik. Kegiatan ini perlu mendapatkan dukungan masyarakat," kata Hamka. 

Usai upacara pembukaan di Gedung Balai raya Semarak, para peserta ini kembali ke homestay dan kegiatan kemah bela negara dilanjutkan di Kabupaten. Terjadwal siang hingga sore ini peserta akan melakukan pengecatan tugu KBN. Lalu dilanjutkan dengan penanaman tanaman di pekarangan rumah masyarakat dan pengecatan mesjid. Malamnya, akan digelar pentas seni budaya di lapangan pemda Bengkulu Tengah dan Seluma.

(Siska Harliana)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: