Iklan dempo dalam berita

3 Jenis Dosa dan Paling Rumit Dosa Antara Manusia, Ini Penjelasanya

3 Jenis Dosa dan Paling Rumit Dosa Antara Manusia, Ini Penjelasanya

3 Jenis Dosa dan Paling Rumit Dosa Antara Manusia, Ini Penjelasanya--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Manusia hidup memang tidak terlempas dari dosa. Ada yang dosa besar maupun dosa kecil. Selama manusia masih hidup dan mau bertobat, maka Allah SWT selalu memberikan kesempatan untuk meminta pengampunan. 

Ada berbagai jenis dosa yang dapat diidentifikasi berdasarkan sumber-sumber ajaran Islam seperti Al-Quran dan Hadits. Ada dosa yang masih bisa diampuni dengan bertobat, namuna ada juga dosa yang hanya bisa dihapus dengan sakit dan lain sebagainya.

 

BACA JUGA:Macam-macam Riba, Perbuatan Haram dan Termasuk 7 Dosa Besar

 

Imam Al-Ghazali dalam Kitab Minhajul Abidin menjelaskan bahwa secara garis besar ada tiga jenis dosa. Dosa yang paling rumit adalah dosa di antara manusia.

Jenis dosa pertama, meninggalkan segala apa yang diwajibkan oleh Allah SWT terhadap kamu, seperti sholat, puasa, zakat, membayar kafarat (tebusan dan denda), dan lain yang lainnya. Maka hendaknya kamu membayar atau mengqadha apa yang kamu tinggalkan itu sebisa mungkin sesuai kemampuan kamu.

 

BACA JUGA:Dahsyatnya Baca 100 kali Istighfar Setiap Hari, Dosa Diampuni, Rezeki Mengalir Deras

 

Kedua, dosa antara kamu dengan Allah, seperti dosa meminum minuman keras, terlena dalam belaian syahwat, memakan riba, dan yang semacamnya. Untuk dosa seperti ini hendaknya kamu menyesali perbuatan itu dan menetapkan hati kamu untuk tidak mengulangi lagi perbuatan yang sama selama-lamanya.

Ketiga, dosa antara kamu dengan sesama manusia, ini lebih rumit dan lebih sulit. Ada beberapa tingkatan dosa ini. Terkadang terjadi pada harta, jiwa, harga diri, kehormatan dan agama.

 

BACA JUGA:Sayangi Keluarga, Rutinkan Amalan Ini Sebelum Fajar Menyingsing, Dosa Satu Keluarga Habis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: