Iklan dempo dalam berita

Menuju Akreditasi Paripurna, Tim KARS Evaluasi Lanjutan ke RSUD Tais

Menuju Akreditasi Paripurna, Tim KARS Evaluasi Lanjutan ke RSUD Tais

Tim KARS Gelar Evaluasi Lanjutan Ke RSUD Tais--

SELUMA, RBTV.COM - Tim Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dari Jakarta, Senin pagi (19/12) tiba di RSUD Tais untuk melakukan evaluasi lanjutan, dalam penilaian terhadap sejumlah aspek pelayanan dan kesiapan Rumah Sakit Tais. 

Tujuan penilaian Tim KARS ini sebagai upaya RSUD Tais untuk mendapatkan pengakuan mutu layanan rumah sakit dari lembaga independen yang sudah ditetapkan.

RSUD Tais yang saat ini berada pada posisi akreditasi dasar, kembali dinilai Tim KARS terhadap sejumlah aspek pelayanannya untuk naik ke level berikutnya.

Dari 3 Kategori pada 15 kelompok kerja yang dinilai antara lain mulai dari aspek tata kelola RSUD Tais, kualifikasi pendidikan staf, sasaran keselamatan pasien, pengendalian infeksi, asuhan keperawatan pelayanan pasien, program nasional seperti stunting, TBC, dan HIV kualifikasi pegawai, hingga pemenuhan hak-hak pasien.

Direktur RSUD Tais dr. Raden Sanata Jaya mengatakan penilaian yang dilakukan Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) ini, berlangsung selama  3 hari, mulai pada Sabtu pagi (17/12) melalui sistem daring, dan dilanjutkan pada Senin hingga Selasa, 19-20 Desember 2022 ini dengan sistem luring atau tatap muka.

"Iya hari ini, RSUD Tais sedang dinilai Tim KARS dari pusat, yang dinilai Tim KARS ini ada 15 Pokja, semuanya akan dievaluasi sudah sesuai atau tidak. Penilaian ini dilakukan sebagai upaya kita untuk mendapatkan pengakuan mutu layanan yang lebih baik, dari tipe Dasar ke Paripurna harapan kita," tutur dr. Raden Sanata Jaya.

Dari sejumlah aspek yang dinilai, Managemen RSUD Tais tetap optimis lulus akreditasi, meski pengumumannya akan dilakukan beberapa bulan ke depan.

Wakil Bupati Seluma Drs  Gustianto yang turut menyambut kedatangan tim KARS berharap, dengan adanya penilaian Tim KARS ini, RSUD Tais diharapkan ada peningkatan status rumah sakit.

"Kalau peningkatan status rumah sakit meningkat, berarti ada peningkatan-peningkatan yang lain, baik fasilitas ataupun pasien rujukan yang lain, jadi yang kita harapkan dari status dasar meningkat levelnya ke Paripurna," harap Wakil Bupati Drs. Gustianto.

Sementara itu dari beberapa item yang dinilai, Tim KARS memberikan signal RSUD Tais lulus akreditasi, karena sudah 80 persen unsurnya terpenuhi, karena dari sejumlah aspek yang dinilai, Managemen RSUD Tais optimis menargetkan akreditasi tingkat Paripurna.

Namun kepastian ini, secara prosedur akan diumumkan beberapa bulan berikutnya, karena masih dilakukan verifikasi.

(Hari Adiyono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: