Iklan dempo dalam berita

Selain Papua, Ternyata 9 Daerah Ini Pernah Ingin Merdeka dari Indonesia, Apa Ya Penyebabnya?

Selain Papua, Ternyata 9 Daerah Ini Pernah Ingin Merdeka dari Indonesia, Apa Ya Penyebabnya?

Sempat mencuat isu beberapa daerah yang ingin memisahkan diri dari Indonesia--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ini menarik dan jadi bahan pemikiran kita semua. Ternyata ada cukup banyak daerah yang ingin memisahkan diri alias Merdeka dari Indonesia. Kita tentu miris Ketika mengetahui dan mendengarnya.

Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang membentang sangat luas. Masyarakat yang heterogen, suku yang beragam, kebiasaan yang berbeda di setiap pulau membuat kita jadi unik di mata negara lain.

Namun di balik itu ternyata ada hal menyedihkan yang belum banyak diketahui. Puluhan tahun yang lalu beberapa daerah yang berada di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ingin memisahkan dirinya.

Banyak alasan yang melatarbelakangi keinginan masyarakat di wilayah tersebut.

BACA JUGA:Ini Alasan kalau Tidur Handphone Harus Jauh-jauh dari Badan

NKRI terbentuk karena perbedaan. Beda suku, beda agama, beda budaya. Justru karena perbedaan itulah, Indonesia menjadi kuat. Namun, dalam perjalanannya, ada riak-riak kecil gerakan separatis yang ingin lepas dari Indonesia. 

 

Ini 10 daerah yang pernah ingin berpisah dari Indonesia dan merdeka sebagai negara sendiri.

 

1. Bali

 

Seruan Bali membebaskan diri dari NKRI sebenarnya sudah terjadi saat kepemimpinan presiden Soeharto. Namun tahun 2012 lalu, isu itu mencuat kembali karena terjadi bentrok di Lampung tentang kampung Balinuraga. Yakni konflik masyarakat Bali pendatang di Lampung dengan masyarakat Lampung asli. 

Hal itu membuat warga Bali marah karena merasa kaum minoritas tidak diperhatikan Indonesia. Tak lama setelah itu, muncul sebuah gerakan Bali Merdeka karena rasa kecewa masyarakat Bali. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: