Iklan dempo dalam berita

Ngotot Ingin Merdeka, Ternyata Papua Simpan Gunung Emas, Kaya Potensi Tembaga dan Perak

Ngotot Ingin Merdeka, Ternyata Papua Simpan Gunung Emas, Kaya Potensi Tembaga dan Perak

Ngotot Ingin Merdeka, Ternyata Papua Simpan Gunung Emas, Kaya Potensi Tembaga dan Perak--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Aksi beberapa warga Papua untuk memisahkan diri alias Merdeka dari Indonesia terus dilakukan. Bahkan sekarang Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Operasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) masih menyandera pilot Susi Air asal Selandia Baru Philip Mehrtens. Kelompok kriminal bersenjata (KKB) masih terus beraksi.

Lantas apa yang ada di bumi Papua? Papua yang terletak di Ujung Timur Indonesia ini ternyata begitu kaya akan sumber daya alam. Tak heran banyak perusahaan asing yang berebut izin ingin melakukan eksploitasi .

 

BACA JUGA:Puluhan Tahun Berjuang Ingin Merdeka, Ini 7 Alasan Papua Ingin Berpisah dari Indonesia

 

Papua merupakan daerah yang kaya akan bahan tambang seperti tembaga, emas, batu bara, besi, batu kapur, pasir kaolin, minyak bumi dan gas alam. 

Dari data tersebut, setidaknya ada sumber saya mineral Papua yang patut Indonesia jaga. Apa saja? Ini ulasannya:

 

BACA JUGA:Selain Papua, Ternyata 9 Daerah Ini Pernah Ingin Merdeka dari Indonesia, Apa Ya Penyebabnya?

 

1. Emas

 

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat, Indonesia memiliki tambang emas seluas 1.181.071,52 hektare (ha). Tambang tersebut tersebar di 25 provinsi.

Dan Papua memiliki tambang emas terbesar di Indonesia dengan luas mencapai 229.893,75 ha. Tambang emas tersebut tersebar di enam kabupaten, yakni Pegunungan Bintang, Keerom, Nabire, Dogiyai, Mimika dan Paniai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: