Iklan RBTV Dalam Berita

Barang Dijual Sama, Indomaret dan Alfamart Selalu Berdekatan, Ternyata Ini Alasannya

Barang Dijual Sama, Indomaret dan Alfamart Selalu Berdekatan, Ternyata Ini Alasannya

Alasan gerai Indomaret dan Alfamart sering berdekatan--

Alasan utama di balik 'fenomena' ini adalah strategi marketing. Kedua gerai tentu bertujuan agar mereka mendapatkan pasar yang lebih luas dan menarik konsumen sebanyak-banyaknya. Jadi, mereka akan memilih lokasi dengan konsep teori lokasi industri, yakni Hotelling Theory.

BACA JUGA:Covid Ada Varian Baru, Sekarang Muncul Virus Nipah yang Mematikan dan Belum Ada Obatnya

Hotelling Theory adalah teori yang menjelaskan dua persamaan jenis kegiatan ekonomi yang saling berdekatan dengan tujuan untuk menguasai pasar seluas-luasnya. Teori tersebut akan berfokus pada pemilihan lokasi. Presentasi keuntungannya sudah pasti 50:50 yang selanjutnya akan diserahkan kepada selera konsumen.

 

3. Membangun Persepsi Konsumen

 

Ketika konsumen datang ke salah satu minimarket, maka para karyawan akan bertugas untuk membangun persepsi positif kepada pelanggan agar datang kembali ke gerai mereka. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, masing-masing gerai Indomaret atau Alfamart akan menunjukkan keunggulannya tersendiri untuk memikat hati pelanggan.

 

4. Hemat Budget Riset

 

Alasan Indomaret dan Alfamart selalu berdekatan juga tidak lain tidak bukan untuk menghemat budget riset. Jika salah satu gerai dibangun di lokasi tertentu, maka bisa dipastikan potensi pasarnya sudah bagus dan lolos uji kelayakan bisnis. Ini memang menjadi salah satu rumus membangun gerai baru di kalangan usaha waralaba atau ritel minimarket.

 

5. Penggunaan Strategi Five Forces

 

Kedua minimarket, Indomaret dan Alfamart, menggunakan strategi five forces atau pendekatan porter's five forces, yakni metode untuk menganalisis serta mengidentifikasi kekuatan yang membentuk pola bisnis. Di antaranya adalah:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: