Iklan dempo dalam berita

Tol Trans Sumatera Rampung Juni 2024, Lampung-Aceh Pangkas Waktu 60 Jam

Tol Trans Sumatera Rampung Juni 2024, Lampung-Aceh Pangkas Waktu 60 Jam

Tol Trans Sumatera ditargetkan selesai pada Juni 2024--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Tol Trans Sumatera Rampung Juni 2024, Lampung-Aceh Pangkas Waktu 60 Jam

PT Hutama Karya (Persero) menargetkan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera tahap pertama selesai pada Juni 2024.

Wakil Direktur Utama Hutama Karya Aloysius Kiik Ro mengatakan saat ini pihaknya juga sudah memulai pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera tahap kedua seperti Ruas Tol Betung-Jambi.

Adapun jalan Tol Trans Sumatera menghubungkan Pulau Sumatera dari Aceh hingga Bakauheni. Jika ruas jalan tol trans Sumatera ini rampung, berapa lama waktu dari Lampung sampai ke Banda Aceh.

Jarak tempuh antara Aceh dan Lampung merupakan salah satu pertimbangan penting dalam perjalanan tol trans Sumatera. 

Kalau tol Trans Sumatera sudah tersambung, perjalanan dari Aceh ke Lampung menjadi lebih cepat dan efisien. Jarak tempuh yang semula memakan waktu berhari-hari melalui jalan lintas Sumatera (Jalinsum) dapat berkurang secara signifikan.

BACA JUGA:Tarif Baru Tol Pertama Sumatera Diberlakukan, Ini Cek Daftarnya

Meskipun memberikan pengalaman perjalanan yang lebih melewati daerah-daerah pedesaan, perjalanan ini sering kali memakan waktu lebih lama. 

Kondisi jalan yang bervariasi dan adanya tikungan-tikungan tajam bisa memperlambat perjalanan. Dengan menggunakan jalan tol Trans Sumatera, waktu tempuh dapat dipangkas hingga setengahnya atau lebih. Sedangkan melalui Jalinsum, perjalanan bisa memakan waktu lebih lama.

Meskipun melalui Jalinsum menawarkan pengalaman perjalanan yang lebih beragam dan menampilkan keindahan alam. Jalan Tol Trans Sumatera memberikan kecepatan, efisiensi, dan keamanan lebih selama perjalanan. 

Mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menyambut positif adanya Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Menurut dia, kehadiran tol tersebut bisa menghemat waktu perjalanan melalui jalur darat.

Hatta Rajasa yang merupakan Menko Perekonomian RI 2009-2014 ini memperkirakan, Jalan Tol Trans Sumatera dapat memangkas waktu tempuh dari Lampung ke Banda Aceh hingga 60 jam.

“Jika seluruh jalan tol telah tersambung dari Lampung sampai ke Banda Aceh, saya perkirakan kita dapat menghemat waktu 55 sampai 60 jam," kata ayah dari Aliya Rajasa ini dalam webinar HK Academy beberapa waktu lalu.

BACA JUGA:Sedap dan Sehat, Ini 10 Manfaat Mengonsumsi Kacang Merah Bisa Turunkan Berat Badan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: