Iklan dempo dalam berita

DBH Kelapa Sawit Dikucurkan, Seluma Dapat Rp 9,6 Miliar

DBH Kelapa Sawit Dikucurkan, Seluma Dapat Rp 9,6 Miliar

Kabupaten Seluma mendapat Rp 9,6 miliar dari dana bagi hasil kelapa sawit--

SELUMA, RBTVCAMKOHA.COM - Kabupaten Seluma tahun ini menerima jatah Dana Bagi Hasil (DBH) kelapa sawit dari pemerintah pusat sebesar Rp9,6 miliar. 

DBH kelapa sawit yang diterima Kabupaten Seluma ini, posisi ketiga dari kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu.

Jumlah DBH kelapa sawit yang diterima Kabupaten Seluma lebih kecil dibandingkan dengan Kabupaten Mukomuko, yang menerima sebesar Rp 16,8 miliar dan Kabupaten Bengkulu Utara yang mencapai Rp12,7 miliar. Namun jumlah tersebut lebih besar dari Kabupaten Bengkulu Selatan sebesar Rp6,7 miliar. 

Bupati Seluma Erwin Octavian mengatakan, besaran DBH kelapa sawit tersebut sesuai ketentuan pemerintah pusat, yakni untuk daerah perbatasan, DBH adalah 20 persen. Kemudian provinsi juga 20 persen, dan 60 persen DBH untuk kabupaten penghasil.

BACA JUGA:Mau Cari Kerja? Ada Job Fair Bulan Oktober 2023, Sudah Tersedia 250 Lowongan Kerja

Penggunaan dan peruntukan DBH kelapa sawit tersebut, menurutnya harus mengacu kepada Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 91 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Dana Bagi Hasil Perkebunan Kelapa Sawit.

Lanjutnya, DBH kelapa sawit akan difokuskan untuk pembangunan infrastruktur perkebunan, terutama akses jalan kebun sawit guna meningkatkan produktivitas dan harga jual komoditi perkebunan kelapa sawit di wilayah Kabupaten Seluma. 

“Sesuai regulasi yang ada, DBH sawit ini digunakan untuk pembangunan infrastruktur perkebunan seperti akses jalan kebun kelapa sawit masyarakat," terang Erwin Octavian.

 

Luas Lahan Sawit di Bengkulu

 

Sementara itu, data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu mencatat, luas area perkebunan kelapa sawit di daerah ini tahun 2020 mencapai 211.98 ribu hektare, meningkat dua ribu hektare lebih dibanding tahun 2019 yang mencapai 209,18 ribu hektare.

BACA JUGA:Siap-siap, Ada Operasi Pasar 3.000 Paket Sembako Murah, Penerimanya Khusus Kategori Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: