Iklan dempo dalam berita

Manusia Bernapas Berapa Kali Dalam Sehari? Ternyata Jumlahnya Bikin Melongo

Manusia Bernapas Berapa Kali Dalam Sehari? Ternyata Jumlahnya Bikin Melongo

Pernahkan Anda menghitung berapa kali Anda bernapas dalam satu hari--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Semua kita yang masih hidup pasti mengalami namanya bernapas. Saat bernapas terjadi pertukaran antara Oksigen (O2) dan Karbondioksida (CO2). 

Lantas berapa kali manusia bernapas setiap harinya? Ada yang tahu? Ini penjelasannya. Manusia bernapas dalam sehari bergantung pada usia dan tingkat aktivitasnya. 

Anak-anak cenderung memiliki tingkat pernapasan yang lebih cepat. Misalnya bayi yang baru lahir, lebih sering bernapas dengan jumlah sekira 30-60 kali per menit. 

Sedangkan balita kemungkinan bernapas 20-30 kali per menit. Anak remaja dan orang dewasa saat beristirahat, biasanya bernafas sekira 12-20 kali per menit. Artinya dalam satu hari mereka bernapas mencapai 17.000-30.000 napas per hari atau lebih.

BACA JUGA:Cepat Klaim, Ini Link Saldo DANA Kaget Ratusan Ribu, Kamis 21 September 2023

Pernapasan sama pentingnya dengan aktivitas jantung dalam memompa darah melaui tubuh Anda. Kebutuhan manusia untuk bernapas sama eratnya dengan darah yang memompa melalui pembuluh darah. 

Organ tubuh yang bertanggung jawab untuk bernapas sendiri adalah paru-paru, yang merupakan bagian dari sistem pernafasan. Paru-paru berlokasi di dada Anda dan terlindung oleh tulang rusuk. Anggota tubuh itu mengambil sebagian besar ruang di rongga dada Anda bersama dengan hati.

Di bawah paru-paru, akan menemukan diafragma yang merupakan otot besar yang bekerja dengan paru-paru untuk membantu bernafas baik untuk menghirup maupun menghembuskan napas.

Meski Anda tak dapat melihat paru-paru secara langsung, Anda akan merasakan keberadaannya dimana ia mengembang saat Anda bernapas dan kembali ke ukuran normal saat Anda menghembuskan napas.

Jantung Berdetak

Sementara itu, jantung adalah salah satu organ yang sangat penting bagi manusia. Tapi tahukah detikers jantung berdetak berapa kali dalam sehari? Apakah ribuan atau bahkan ratusan ribu denyut?

Pada dasarnya, tubuh manusia penuh dengan otot dan jantung adalah otot terpenting dalam tubuh. Karena jantung memegang kunci penting dari sistem peredaran darah manusia. Ketika jantung berdetak, ia akan memompa darah ke seluruh tubuh.

BACA JUGA:Bung Karno Hormati Gurunya, Nikahi Anaknya tapi Tidak Disentuh Mahkotanya

Saking pentingnya, ketika melakukan pemeriksaan dokter atau perawat akan memeriksa denyut nadi? Hal itu dilakukan untuk mengetahui seberapa keras jantung bekerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: