Iklan dempo dalam berita

Jumat Hari Istimewa, Ada Anjuran Membaca Surat Al Kahfi agar Terhindar dari Fitnah Dajjal

Jumat Hari Istimewa, Ada Anjuran Membaca Surat Al Kahfi agar Terhindar dari Fitnah Dajjal

Anjuran membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Hari Jumat merupakan hari yang istimewa bagi umat Islam. Berbagai pahala akan diturunkan Allah SWT di hari Jumat ini. 

Karenanya pergunakan hari Jumat sebaik mungkin. Kerjakan sholat, tidak hanya sholat fardhu namun juga sholat sunnah lainnya. Selain itu berbagai ibadah lainnya juga dianjurkan untuk selalu dikerjakan. 

Di hari Jumat ini, kitra juga dianjurkan untuk membaca Surat Al Kahfi. Ada sejumlah keutamaan membaca surat Al Kahfi di hari Jumat yang bisa diraih umat Islam. Amalan ini juga termasuk salah satu sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Membaca surat Al Kahfi di hari Jumat dinilai mengandung banyak kebaikan, baik untuk urusan di dunia maupun sebagai bekal di akhirat kelak. Terlebih, hari Jumat adalah sebaik-baik hari dalam satu pekan.

BACA JUGA:Kaya Raya Jalur Langit, Amalkan Sholawat Fatih Pembuka Pintu Rezeki, Ini Bacaannya

Dalam hadits yang dinukil dari kitab Fiqih Sunnah 2 oleh Sayyid Sabiq, diriwayatkan dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda:

خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ فِيهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ اللهِ وَفِيهِ أُدْخِلَ الحة وفيه أشرح منها وَلَا تَقُومُ السَّاعَةُ إِلَّا فِي يَوْمِ الْمُنعا

Artinya: "Hari terbaik (selagi matahari masih terbit) adalah hari Jumat. Pada hari itulah Adam diciptakan, pada hari itu pula ia dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan darinya. Kiamat pun tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat."

Maka dari itu, umat Islam dapat menambah amalan di hari Jumat dengan membaca surat Al Kahfi sebagaimana sunnah Rasulullah SAW. Lantas, apa saja keutamaan membaca Al Kahfi di hari Jumat? Berikut ini penjelasannya.

BACA JUGA:Masya Allah! Capai Kekayaan Berkah dengan Membaca Sholawat Ini Usai Sholat Subuh

Keutamaan Membaca Al Kahfi di Hari Jumat

1. Mendapatkan Ampunan Dosa

Keutamaan bagi umat Islam yang membaca surat Al Kahfi di hari jumat salah satunya akan mendapatkan ampunan dosa dari Allah SWT di antara dua Jumat. Selain itu, Allah SWT juga akan membentangkan dan memancarkan cahaya baginya dari telapak kaki sampai langit pada hari kiamat kelak.

Dalam sebuah hadits yang dinukil dari buku Ensiklopedia Hadits Ibadah Membaca Al-Qur'an karya Syamsul Rijal Hamid, Rasulullah SAW bersabda:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: