Iklan dempo dalam berita

Rugi jika Hari Jumat Berlalu Begitu saja, Ini 9 Amalan di Hari Jumat

Rugi jika Hari Jumat Berlalu Begitu saja, Ini 9 Amalan di Hari Jumat

Berbagai amalan yang bisa dikerjakan di hari Jumat--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Keistimewaan hari Jumat sayang jika berlalu begitu saja. Karenanya kerjakan sebanyak mungkin amal ibadah agar kita dicurahkan berbagai pahala.

Karena keistimewaannya, hari Jumat disebut juga sayyidul ayyam (tuannya para hari). 

“Hari terbaik di mana matahari terbit di hari itu adalah hari Jumat. Di hari itu Adam diciptakan, di hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan juga dikeluarkan dari surga. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat” (HR. Muslim)

Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah pada hari mulia ini. Terutama sebelum menjelang sholat Jumat. 

BACA JUGA:Bacaan Sholawat Karimil, Amalkan Agar Berkecukupan Rezeki dan Kaya Raya Dunia Akhirat

Khususnya teruntuk kaum laki-laki ada banyak amalan sunnah yang dapat dikerjakan sebelum sholat Jumat, di antaranya 9 sunnah di bawah ini:  

Amalan Sunnah Hari Jumat

1. Mandi

Bagi umat Islam disunnahkan mandi sebelum sholat Jumat, dimulai sejak fajar hingga sebelum sholat Jumat ditegakkan. Sebagai ibadah sunnah, mandi bukan syarat sah sholat Jumat, sehingga tidak perlu khawatir jika tidak sempat mandi. Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar ra. 

Artinya: Dari Ibnu Umar ra, Rasulullah SAW bersabda, "Apabila salah seorang di antara kalian mendatangi sholat Jumat, maka hendaklah ia mandi" (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari hadis di atas, Rasulullah SAW menganjurkan untuk mandi sebelum sholat Jumat, itulah kenapa mandi sebelum Jumatan menjadi sunnah bagi umat Islam.  

2. Potong kuku dan kumis

Ibadah sunnah selanjutnya adalah potong kuku dan kumis yang dilakukan sebelum sholat Jumat. Sebagaimana yang bersumber dari Abu Jafar yang diambil dari kitab Assunanul Kubro. 

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْتَحِبُّ أَنْ يَأْخُذَ مِنْ شَارِبِهِ وَأَظَافِرِهِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: