Iklan dempo dalam berita

8 Masa yang Dilalui Manusia Sebelum Masuk Surga atau Neraka

8 Masa yang Dilalui Manusia Sebelum Masuk Surga atau Neraka

8 Masa yang dilalui manusia sebelum masuk surga atau neraka--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Tujuan akhir manusia bukanlah kehidupan di dunia ini. Karena setiap manusia, pada masanya nanti akan meninggal dunia.

Setelah meninggal dunia, masih ada beberapa masa yang akan dilakukan. Baru kemudian manusia mendapat ketetapan menjadi penghuni surga atau neraka.

Akhirnya, surga atau neraka itulah yang menjadi tempat terakhir manusia. Apakah menjadi penduduk surga atau penghuni surga. Kehidupan di dua tempat itu akan abadi selamanya.

Berakhirnya periode dunia akan terjadi setelah kiamat tiba. Mengenai kapan akan terjadi kiamat, tidak seorangpun dapat mengetahui kepastian. Bahkan Nabi Muhammad SAW dan malaikat Jibril as juga tidak tahu kapan terjadinya kiamat.

BACA JUGA:Mantan Pejabat Bengkulu Ditahan KPK Kasus Dugaan Korupsi Rp 18 Miliar

Allah SWT berfirman:

 يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّي ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلَّا هُوَ ۚ ثَقُلَتْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً ۗ يَسْأَلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللَّهِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ 

Artinya : Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang Kiamat, “Kapan terjadinya?” katakanlah, “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu ada pada Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba". Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui". (QS. Al-A’raf: 187). 

Kelak setelah kiamat, seluruh umat manusia akan dibangkitkan kembali untuk mempertanggung jawabkan semua amal perbuatannya sewaktu hidup di dunia, dan akan menerima balasannya sesuai dengan amal perbuatannya tersebut.

Dengan demikian beriman kepada Hari Akhir adalah meyakini dengan hati adanya kehidupan akhirat sebagai pembalasan atas amal perbuatan manusia selama hidup di dunia. 

BACA JUGA:Terkadang Kebiasaan Kita Membuat Rezeki Malas Datang, Termasuk Cara Menyapu Seperti Ini

Sekecil apa pun perbuatan tersebut, pastilah Allah SWT membalasnya dan tidak ada satu pun yang tertutupi oleh manusia di hadapan Allah kelak.

8 Masa Menuju Akhirat 

1. Alam Barzah 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: