Iklan dempo dalam berita

Ketika Kiamat Terjadi, Ada 3 Golongan Manusia yang Tidak Merasa Takut, Apa Amalan Mereka?

Ketika Kiamat Terjadi, Ada 3 Golongan Manusia yang Tidak Merasa Takut, Apa Amalan Mereka?

Ada tiga golongan orang yang tidak merasa takut saat terjadi kiamat--

Artinya: "Apabila bumi diguncangkan dengan guncangan yang dahsyat, dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya. Dan manusia bertanya, "Apa yang terjadi pada bumi ini?" Pada hari itu bumi menyampaikan beritanya, karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) padanya.

Pada hari itu manusia keluar dari kuburnya dalam keadaan berkelompok-kelompok, untuk diperlihatkan kepada mereka (balasan) semua perbuatannya. Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya, dan barangsiapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya,"

Ibnu Katsir dalam tafsirnya menjelaskan, isi perut bumi yang dikeluarkan pada hari kiamat tersebut berupa logam, harta simpanan, bahkan mayat-mayat yang berada di dalam kubur. 

BACA JUGA:Manusia Ini Sudah Masuk Surga Walaupun Belum Kiamat, Awalnya Beralasan Ketinggalan Sandal Dalam Surga

Abu Hurairah menarasikan sabda Rasulullah SAW mengenai gambaran hari kiamat dalam surah Az Zalzalah,

"Bumi mengeluarkan semua isi perutnya seperti piring-piring emas dan perak," (HR Muslim).

Guncangan dahsyat pada hari kiamat menurut surah Az Zalzalah dengan membawa maksud tertentu. Hal tersebut ditujukan agar orang-orang kafir dapat merenungkan peristiwa yang terjadi dan memohon ampun kepadaNya.

Rasulullah SAW pernah mengingatkan dalam haditsnya dari Rabi'ah Al-Hadasi dalam kitab Mu'jam Imam Tabrani. Beliau bersabda,

"Hati-hatilah kalian terhadap bumi, karena sesungguhnya bumi adalah ibu kalian, dan sesungguhnya tiada seorang manusia pun yang melakukan suatu perbuatan di atasnya, apakah amal baik atau amal jahat, melainkan ia pasti akan menceritakannya," (HR Ibnu Lahi'ah).

Demikian gambaran hari kiamat. Semoga saja kita tidak termasuk dalam orang yang menyaksikan dan merasakan hari kiamat.

 

Tim liputan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: