Iklan dempo dalam berita

Kebun Megawati, Jalan Joko Widodo dan Monumen Soekarno, Ini 10 Tokoh Indonesia yang Diabadikan di Luar Negeri

Kebun Megawati, Jalan Joko Widodo dan Monumen Soekarno, Ini 10 Tokoh Indonesia  yang Diabadikan di Luar Negeri

Nama tokoh Indonesia yang diabadikan di luar negeri--

2. Soekarno Park, Meksiko

Ternyata, nama Soekarno juga harum di Meksiko. Yakni tepatnya di Kota Mexico City. Ada sebuah taman yang diberi nama Soekarno Park atau Soekarno Parque.

Di tengah taman tersebut, berdiri kokoh patung sang Bapak Proklamator. Lantas, apa alasannya? Alasan utama pembangunan monumen tersebut yakni karena apresiasi Meksiko terhadap Bung Karno yang dianggap sebagai tokoh perdamaian dunia.

3.  Monumen Soekarno, Aljazair

Nama Soekarno juga dijadikan sebuah monumen di Aljazair. Pasalnya, Bung Karno dianggap memiliki sumbangsih besar terhadap gerakan kemerdekaan Aljazair dari penjajahan Prancis.

4. Masjid Biru Soekarno, Rusia

Ada banyak bangunan, monumen, atau jalan yang menggunakan nama Soekarno. Salah satunya yakni sebuah masjid di Kota Saint Petersburg, Rusia.

BACA JUGA:10 Amalan Ini Pahalanya Sampai Kiamat, Penuntun Manusia Menuju Surga

Masjid itu adalah Blue Mosque alias Masjid Sukarno. Sebab, Soekarno dianggap berjasa, karena berhasil membuat masjid tersebut dihidupkan kembali. 

Sebelumnya, pada era pendudukan Uni Soviet, masjid tersebut ditutup dan tidak boleh digunakan. Sehingga bangunan masjid pun beralih fungsi jadi sebuah gudang.

5. Masjid Soeharto, Bosnia-Herzegowina

Sebuah masjid bernama Masjid Istiqlal atau Masjid Soeharto di Kota Sarajevo, Bosnia-Herzegowina. Jadi, masjid tersebut dihadiahkan Presiden Soeharto untuk Bosnia-Heregovina yang saat itu dilanda perang berkepanjangan.

6. Patung Sudirman, Jepang

Bukan hanya sebagi nama jalan di Indonesia, namun ada juga patung Jendral Sudirman yang berdiri kokoh di Kantor Kementerian Pertahanan Jepang di Kota Tokyo. 

Jadi, patung tersebut terbuat dari perunggu tersebut menjadi satu-satunya patung pahlawan asing yang dipajang di Jepang , bahkan sangat dihormati oleh Jepang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: