Iklan dempo dalam berita

9 Langkah Penting Saat Cicilan KUR BRI Macet, Lakukan Sebelum Diberi Sanksi oleh Pihak Bank

9 Langkah Penting Saat Cicilan KUR BRI Macet, Lakukan Sebelum Diberi Sanksi oleh Pihak Bank

9 Langkah Penting Saat Cicilan KUR BRI Macet, Lakukan Sebelum Diberi Sanksi oleh Pihak Bank--

3. Memberikan Surat Peringatan

Setelah mendapat kompensasi perpanjangan tenggat waktu pelunasan (biasanya selama sebulan) dan debitur tidak ada itikad baik untuk membayar angsuran pokok dan bunga yang dibebankan, maka debitur akan mendapat surat peringatan.

4. Penyitaan Aset

Jika semua prosedur di atas telah dilakukan, namun debitur kredit macet tetap tidak bisa melakukan pelunasan, maka langkah terakhir sanksi kredit macet KUR BRI adalah menyita aset sebagai jaminan kredit.

Nah, setelah mengetahui apa saja jenis sanksi untuk nasabah KUR yang macet dalam pembayaran cicilan, berikut ini beberapa solusi yang bisa menyelamatkan nasabah agar tidak terkena sanksi saat cicilan KUR BRI macet.

BACA JUGA:Cocok untuk Modal Usaha, Pinjam KUR Mandiri Rp 50 Juta, Angsurannya Mulai Rp 900 Ribu

1. Mengetahui Total Hutang Tertunggak. Dengan mengetahui total tagihan, debitur bisa memperkirakan sumber pendapatan tambahan yang nantinya bisa digunakan untuk melunasi hutang.

2. Menghentikan Pengeluaran yang Tidak Perlu, Membelanjakan uang dengan bijak sangat membantu proses penyelesaian KUR macet. Dengan begitu, dana yang dimiliki bisa digunakan untuk melunasi hutang.

3. Restructuring / Restrukturisasi Utang, Meminta persyaratan kembali atau restructuring bisa dilakukan oleh debitur sebagai cara penyelesaian kredit macet KUR BRI. Tujuannya untuk menaksir ulang pinjaman sehingga kredit bisa diatur ulang.

4. Rescheduling, Setelah waktu pelunasan yang ditentukan telah habis, debitur bisa meminta penjadwalan ulang (rescheduling) atau penambahan tenggat waktu pembayaran sesuai dengan kemampuan.

5. Menambah Fasilitas Kredit, Cara penyelesaian kredit macet KUR BRI selanjutnya yang bisa dilakukan oleh debitur untuk menyelesaikan kredit macet adalah dengan berkonsultasi ke pihak bank untuk meminta penambahan fasilitas kredit. Fasilitas kredit yang dimaksud misalnya pembayaran angsuran dibagi lebih kecil agar tidak memberatkan.

6. Mengkonversi Tunggakan Menjadi Pokok Kredit Baru, Dengan melakukan hal ini, bunga yang dibebankan bisa dibayar di belakang. Untuk bisa mendapatkan konversi tunggakan, debitur perlu datang ke bank.

7. Pembebasan Bunga Kepada Debitur, Pembebasan 

bunga ini hanya bisa diberikan pada debitur yang benar-benar tidak mampu secara finansial.

8. Membayar Tagihan Tepat Waktu, Membayar tagihan tepat waktu adalah sikap dasar yang harus dilakukan oleh setiap debitur agar terhindar dari kredit macet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: