Iklan dempo dalam berita

Bengkulu Ditukar dengan Singapura

Bengkulu Ditukar dengan Singapura

--

Bencoolen/Coolen yang berasal dari bahasa Inggris Cut Land yang berarti tanah patah wilayah ini  adalah wilayah patahan gempa bumi yang paling aktif di dunia dan kemudian gudang penyimpanan  di tempat yang sekarang menjadi Kota Bengkulu.

BACA JUGA:Kenang Perjuangan Ibu Fatmawati, 17 Istri Gubernur Menjahit Bendera di Bengkulu

Saat itu, ekspedisi EIC dipimpin oleh Ralph Ord dan William Cowley untuk mencari pengganti pusat  perdagangan lada setelah Pelabuhan Banten jatuh ke tangan VOC, dan EIC dilarang berdagang di sana.

Traktat dengan Kerajaan Selebar pada tanggal 12 Juli 1685 mengizinkan Inggris untuk mendirikan  benteng dan berbagai gedung perdagangan.

BACA JUGA:Sejarah Fatmawati Menjahit Bendera Merah Putih

Tahun 1701, bangsa lnggris di perbentengannya pertama, Fort York (Pasar  Bengkulu) menyadari bahwa letak benteng itu tidak strategis untuk pertahanan  serta tidak sehat keadaan sekelilingnya.

Oleh karena kemudian mereka memilih Tapak Paderi (dahulu penduduk Bengkulu  menamakannya : Ujung Karang) sebagai lokasi untuk mendirikan gudang bagi  Kompeni.

BACA JUGA:Semangat Pertahankan Bela Negara di Tanah Kelahiran Fatmawati

Tahun 1714, dekat pergudangan Ujung Karang itu pula, mereka membangun  kompleks perbentengan yang kokoh dan amat termashur, yakni Fort Marlborough.

Tahun 1714, lnggris mulai membangun fondamen perbentengan Fort Marlborough, kemudian dibangun bagian-bagian pentingnya dari perbentengan tersebut (Dalip dkk., 1983/1984).

BACA JUGA:Ini Fakta Dibalik Kerudung Fatmawati

Pada tahun 1719 terjadilah pemberontakan rakyat Bengkulu. Salah seorang pemimpin perlawanan ini adalah Pangeran Mangku Raja dari Kerajaan Sungai Lemau.

Pemberontakan tahun 1719 itu berkaitan dengan perjanjian 1695. Adapun perjanjian dengan Kerajaan Selebar yang ditandatangani pada tanggal 16 Agustus 1695 itu, sesungguhnya adalah suatu pembaharuan perjanjian yang sudah pernah  ditandatangani sebelumnya, yang menurut cerita telah hilang.

BACA JUGA:Bung Karno Guru Fatmawati yang Jadi Kekasih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: