Iklan dempo dalam berita

Ini Masjid Pertama Umat Islam, Pembangunannya Dibantu Malaikat Jibril

Ini Masjid Pertama Umat Islam, Pembangunannya Dibantu Malaikat Jibril

Masjid Quba, masjid pertama milik umat Islam--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Agama Islam untuk sampai besar seperti sekarang telah melewati berbagai masa. Dimulai masa Nabi Muhammad yang menyebarkan agama Allah ini hingga zaman sekarang dengan pemeluk yang berjumlah miliaran orang.

Islam tentu saja tidak bisa lepas dari masjid. Bangunan suci yang menjadi tempat beribadah. Dalam sejarahnya, masjid pertama milik umat Islam yakni Masjid Quba yang dibangun Nabi Muhammad.

Masjid ini dibangun pada 23 September 622 Masehi saat Nabi melakukan hijrah dari Mekkah ke Madinah.

Fakta ini menunjukkan bahwa Masjid Quba juga merupakan masjid tertua dalam sejarah perkembangan Islam.

Dalam Al Qur’an, Masjid Quba disebutkan dibangun dengan dasar ketaatan dan ketaqwaan Nabi kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Wimran Asbanda Vs Beni BJB, Siapa Terkuat Calon Dirut Bank Bengkulu, 2 Sudah Tersingkir

”Sesungguhnya masjid yang didirikan atas dasar takwa (Masjid Quba) sejak hari pertama adalah lebih patut kamu shalat di dalamnya. Di dalam masjid itu ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan Allah menyukai orang-orang yang bersih.” (QS At-Taubah [9]: 108).

Dalam hadis, banyak riwayat yang menyebutkan keistimewaan Masjid Quba. Sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi RA menyebut salat di Masjid Quba sama pahalanya dengan melaksanakan umrah.

Pada riwayat yang lain, Masjid Quba termasuk masjid yang paling dimuliakan oleh Allah, setelah Masjidil Haram, Masjid Nabawi, Masjidil Aqsha.

BACA JUGA:Kartu Prakerja Gelombang 62 Dibuka, Lolos Dapat Rp 600.000, Pencairan Insentif Bisa Lewat DANA

Sejarah

Hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah dilatarbelakangi oleh perlawanan kaum kafir Quraisy yang menolak ajaran Islam.

Penolakan ajaran Isalam oleh kafir Quraisy itu dilakukan dengan kejam. Dalam banyak riwayat disebutkan bahwa mereka berulangkali menyakiti, bahkan berniat membunuh Nabi Muhammad SAW.

Kekejaman yang dilakukan oleh kafir Quraisy itu tidak hanya dilakukan kepada Nabi Muhammad SAW saja, tetapi juga kepada keluarga dan sahabat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: