Iklan dempo dalam berita

7 Hal Sepele Bikin Tagihan Listrik Rumah Bengkak, Patuhi 5 Cara Menghematnya

7 Hal Sepele Bikin Tagihan Listrik Rumah Bengkak, Patuhi 5 Cara Menghematnya

5 cara agar lebih hemat menggunakan listrik di rumah--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Semua pernah mengalami. Merasa pemakaian listrik di rumah biasa-biasa saja, namun saat pembayaran jumlahnya membengkak. Listrik di rumah terasa boros.

Ternyata ada kebiasaan sehari-hari kita yang tampak sepele namun bisa bikin tagihan listrik bengkak.

Beragamnya kemudahan alat elektronik rumah tangga membuat banyak orang mau menggunakannya. Namun, penggunaan elektronik yang keliru akan berdampak kurang baik saat kamu bayar tagihan listrik. Maka, penting untuk mencari cara agar tagihan listrik tidak membengkak.

BACA JUGA:Jangan Cemas, Begini Cara Hapus Data Pribadi di Pinjol, No 1 Paling Penting

Jika kamu merasa belakangan ini nilai tagihan listrik nggak wajar, padahal pemakaian seperti biasa, bisa jadi ini saatnya untuk introspeksi. Bisa jadi, ada penggunaan listrik yang boros tanpa disadari, contohnya berikut ini:

1. Penggunaan pompa air otomatis

Pompa air yang nyala otomatis juga bisa berperan dalam penyebab listrik boros. Soalnya, pompa jenis ini menggunakan saklar otomatis untuk mematikan pompa air. 

Meski ada sistem saklar otomatis yang berperan untuk menghentikan air dengan cara menutup kerannya, mesin masih terus menyala. Jadi, ada baiknya kamu nggak membiarkan saklar otomatis berjalan kalau nggak mau tagihan listrik PLN membengkak.

BACA JUGA:Samcodin Lagi, Ada 2 Orang Ditangkap Polisi, 1 Berstatus Ibu Rumah Tangga

2. Menggunakan komputer PC

Walaupun penggunaan laptop populer, masih banyak juga yang memilih menggunakan komputer PC saat bekerja. Padahal, komputer dikenal memakan listrik yang besar karena membutuhkan banyak daya untuk mengoperasikannya. Sebagai perbandingan, PC dapat mengonsumsi daya listrik hingga 400 Watt, sedangkan laptop hanya butuh daya 25 watt untuk menyala.

3. AC nyala terus-menerus

Banyak orang memasang air conditioner di rumah untuk mendinginkan ruangan dan meningkatkan kenyamanan. Namun, di balik kemampuan AC dalam mendinginkan suhu ruangan, ada daya listrik yang terpakai dengan cepat. Sebagai contoh, AC biasa 1 PK rata-rata butuh daya 819 Watt, sedangkan AC inverter sekitar 500-an Watt. Meski begitu, bayangkan jika kamu menggunakan AC secara nonstop, ini menjadi penyebab listrik boros, kan?

BACA JUGA:Lagi Ramai, Pasang Foto Habib Muhammad Alex di WA Dapat Berkah, Benarkah Seorang Wali Majdub?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: