Iklan dempo dalam berita

Tagihan Listrik Bengkak, Salah Satu Sebabnya Sering Buka Tutup Kulkas, Ini Cara Komplain Resmi ke PLN

Tagihan Listrik Bengkak, Salah Satu Sebabnya Sering Buka Tutup Kulkas, Ini Cara Komplain Resmi ke PLN

Cara mengajukan komplain ke PLN dan penyebab tagihan membengkak karena sering buka tutup kulkas--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Hati kita tentu risau dan emosi, ketika saat jadwal bayar, tiba-tiba tagihan listrik bengkak. Merasa antara pemakaian dan pembayaran sangat tidak sesuai. 

Namun nyatanya, penyebab tagihan listrik membengkak bukan karena biaya listrik naik, melainkan karena beberapa alasan sepele. Sebaiknya simak ulasan ini biar kita tidak berspekulasi yang aneh-aneh. 

1. Lupa mencabut charger

Pemakaian listrik rata-rata untuk setiap charger yang tidak dipakai dan dibiarkan menempel di stop kontak sekitar 0,26 watt. Bisa dihitung berapa watt yang terbuang sia-sia karena kelalaian sendiri. 

BACA JUGA:2 Aplikasi Pinjol Resmi OJK Tanpa BI Checking Cair Cepat, Begini Cara Ceknya via Online

Sebisa mungkin cabut setiap charger setelah digunakan, sehingga arus listrik tidak berjalan terus. Hal yang sama juga berlaku untuk stop kontak atau steker yang tidak terpakai. Sebaiknya cabut dari sumber listrik agar tagihan listrikmu kembali normal seperti dulu kala.

2. Tidak memanfaatkan sumber daya pengganti

Sumber daya pengganti yang dimaksud seperti energi matahari untuk menggantikan penerangan lampu, kipas angin sebagai pengganti AC, dan lain-lain. Dari segi penerangan, misalnya, kamu tidak butuh watt sedikitpun agar matahari bersinar. Sedangkan untuk kipas angin, daya serap watt-nya sudah pasti lebih kecil dibanding AC. 

Mulai dari sekarang, coba cari-cari sumber daya pengganti apa yang bisa dimanfaatkan untuk menggantikan sumber daya utama. Dengan syarat lebih hemat konsumsi listrik, sehingga tagihan listrik tidak membengkak lagi.

3. Lampu yang terus menyala

Penyebab yang paling umum terjadi adalah lupa mematikan lampu setelah digunakan. Ketahuilah kalau lampu menyedot energi yang lumayan besar, jadi wajar kalau biaya listrik per bulan membengkak tanpa disadari. 

Maka dari itu, gunakan listrik seperlunya saja. Matikan lampu di siang hari atau saat tidur untuk menghemat energi. Di sisi lain, mematikan lampu dipercaya dapat membuat tidur lebih nyenyak, lho!

BACA JUGA:Nasabah Semakin Mudah, BTN Luncurkan Super Apps BTN Mobile

4. Aktivitas bekerja dari rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: