Iklan dempo dalam berita

Lebih Baik Merawat Daripada Memperbaiki, Ini Tips agar Tandon Air di Rumah Tidak Berlumut

Lebih Baik Merawat Daripada Memperbaiki, Ini Tips agar Tandon Air di Rumah Tidak Berlumut

Cara merawat tandon air agar tidak berlumut--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM –  Tangki atau tandon air juga memerlukan perawatan agar tidak berlumut. Biasanya, lumut tersebut muncul karena tandon terpapar sinar matahari langsung atau memang air baku yang digunakan kotor. 

Lantas bagaimana cara mencegahnya? Simak pembahasan berikut ini. 

Ada istilah yang menyebutkan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Maka dari itu, berikut ini akan diberikan tips agar tandon di rumah tidak berlumut. 

Seperti diketahui, tangki atau tandon digunakan untuk menampung air dan memastikan ketersediaan pasokan air, khususnya dalam kondisi tertentu. Misalnya saat terjadi pemadaman listrik ataupun musim kemarau. 

BACA JUGA:Sering Dianggap Sepele, Ternyata Hal Ini Bisa Bikin Tandon Air Cepat Rusak

Apabila tandon air tidak rutin dibersihkan, maka air yang keluar juga akan kotor karena ada lumut didalam tandon tersebut. 

Apabila pemilik rumah menggunakan air yang tidak bersih untuk kebutuhan sehari-hari, maka bisa menimbulkan dampak kesehatan. Seperti gatal-gatal bahkan hingga diare.

Adapun berikut tips agar tandon air tidak berlumut:  

1. Rutin dikuras

Pengurasan tandon air secara rutin dapat menghambat pertumbuhan lumut. Kuras tandon air setidaknya 6 bulan sekali. Apabila lumut tumbuh dengan cepat, tingkatkan frekuensi pengurasan, misalnya jadi 3-4 bulan sekali.

BACA JUGA:Agar Air Mengalir Lancar, Sebaiknya Tandon Berada di Atas atau di Bawah?

2. Tutup tandon dengan rapat

Biasanya lumut akan tumbuh ketika air terkena sinar matahari. Maka dari itu, kalian perlu pastikan bahwa tandon air tertutup rapat agar tidak ada sinar matahari yang masuk kedalamnya.

3. Buat pelindung di atas tangki atau tandon air 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: