Iklan dempo dalam berita

Suka Menyeduh Teh Celup yang Direndam Lama? Sebaiknya Jangan, Ada Bahaya Mengintai

Suka Menyeduh Teh Celup yang Direndam Lama? Sebaiknya Jangan, Ada Bahaya Mengintai

Jangan lagi berlama-lama mencelup kantong teh--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ada berbagai macam jenis teh yang dijual di pasaran dengan kemasan berbeda-beda. Untuk mendapatkan the yang pekat, biasanya sebagian orang justru berinisiatif menyeduh teh celup lebih lama. Sayangnya hal tersebut tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Supaya lebih memahaminya, simak pembahasan berikut ini.

Teh celup kerap dijadikan andalan saat ingin menyesap kenikmatannya karena lebih praktis. Secangkir teh hangat sebagai teman mengobrol sepertinya sudah menjadi budaya yang digemari sejak dulu. 

Bukan karena rasanya saja, teh sudah dikenal untuk memberikan efek relaksasi dan energi, bahkan bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat.

BACA JUGA:Jangan Buru-buru, Cek Dulu Kelebihan dan Kekurangan Sumur Bor

Sayangnya, masih banyak cara-cara yang salah namun tetap saja dilakukan dalam proses penyeduhan teh, terutama teh celup. 

Banyak orang yang menggunakan teh celup lalu membiarkan kantong teh tetap di dalam gelas. Padahal, kebiasaan tersebut saat menyeduh teh sebenarnya sangat buruk.

Biasanya, kantong teh terbuat dari kertas dan plastik untuk menampung daun tehnya. Tetapi, sekarang ini sudah banyak merek teh celup yang mendesain kantongnya tehnya dengan jenis plastik khusus.

BACA JUGA:Ibu Bapak, Ini Lho 3 Jenis Sumur Bor, Pilih Dulu Baru Panggil Tukangnya

Kantung teh yang dicelup terlalu lama bisa menyebabkan teh menjadi lebih kental dan merusak rasa. Ketika dikonsumsi, konsistensi teh yang terlalu kental bisa memberi dampak pada tubuh. Teh yang terlalu kental bisa memberikan efek pada ginjal, dan mengganggu kinerjanya. Lalu, berapa lama sebaiknya teh dicelup dalam air?

Dilansir dari berbagai sumber, School of Tea Organization merekomendasikan, kantung teh rata-rata bisa diseduh selama 2-5 menit dalam suhu 70-100 derajat Celcius, tergantung jenis tehnya. 

Contohnya, untuk teh hitam kamu boleh menyeduhnya hingga 5 menit. Sementara teh herbal aman untuk diseduh selama 3-5 menit.

BACA JUGA:Awas Salah Beli, Ini 4 Cara Memilih Tandon Air yang Tepat

Selain bisa memberi dampak kesehatan, menyeduh teh dalam waktu yang terlalu lama bisa membuang kandungan sehat yang dimilikinya. Misalnya seperti antioksidan dan kafein yang dibutuhkan tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: