Iklan dempo dalam berita

Dari 12 Tersangka Korupsi BPBD yang Ditahan Ada Keponakan Pejabat, Ada Kades, Ada juga Anak Kades

Dari 12 Tersangka Korupsi BPBD yang Ditahan Ada Keponakan Pejabat, Ada Kades, Ada juga Anak Kades

12 tersangka korupsi BPBD Kabupaten Seluma ditahan Polda Bengkulu--

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM - Dana Belanja Tak Terduga (BTT) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Seluma untuk pengerjaan 8 item proyek fisik, sudah merugikan negara sebesar 1,8 miliar Rupiah.

Dari 12 orang yang ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan, salah satunya yakni Cihonggi Freono sebagai Wakil Direktur CV. Cahaya Dharma Konstruksi. Tersangka Cihonggi ini masih berstatus keponakan salah satu pejabat tinggi Seluma. Selain itu dia juga merupakan anak Kepala Desa.

Selaku Wakil Direktur CV. Cahaya Dharma Konstruksi, Tersangka Cihonggi diketahui mengerjakan Pembangunan Beronjong Jalan Bungamas-Pasar Sembayat Kecamatan Seluma Timur yang nilai kerugian negaranya Rp 228 juta.

Tidak hanya itu, lantaran terjerat dugaan korupsi proyek BTT BPBD, Kades terpilih yang baru saja dilantik bernama Alma Jumianto Wakil Direktur CV. Seluma Jaya Konstruksi, terancam tidak bisa melaksanakan tugasnya sebagai Kades karena mendekam dalam sel tahanan Polda Bengkulu.

BACA JUGA:Proyek Lapis Tebing Kantor Bupati Total Lost, 44 Saksi Sudah Diperiksa, Termasuk Pejabat Penting

Tersangka Alma Jumianto selaku Wakil Direktur CV. Seluma Jaya Konstruksi, diketahui mengerjakan Pemasangan Bronjong jembatan Gantung Air Seluma Kelurahan Puguk  dengan nilai proyek 300 juta dan timbul kerugian negara Rp 83 juta.

Sebelumnya diberitakan penyidik Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Bengkulu resmi menahan 12 orang sebagai tersangka dalam perkara dugaan korupsi Dana Belanja Tak Terduga (BTT) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Seluma.

12 orang tersangka yang ditahan penyidik Subdit Tipikor pada Kamis malam (12/10) terdiri dari pihak BPBD Seluma, kontraktor dan konsultan pengawas.

Berikut 12 orang yang ditahan Subdit Tipikor:

1. Mirin: Kepala Pelaksana BPBD Seluma

2. Pauzan Aroni: Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Seluma

3. Decky Irawan: Direktur CV. DN Racing Konstruksi

4. Nopian Hadinata: Direktur CV. Atha Buana Consultan

5. Sofian Hadinat:a Wakil Direktur CV. Azelia Roza Lestari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: