Iklan dempo dalam berita

Baik-baik Menjalani Kehidupan, saat Usia 40 Tahun Sudah Ada Peringatan dari Malaikat Maut

Baik-baik Menjalani Kehidupan, saat Usia 40 Tahun Sudah Ada Peringatan dari Malaikat Maut

Baik-baik Menjalani Kehidupan, saat Usia 40 Tahun Sudah Ada Peringatan dari Malaikat Maut--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Dalam Islam, 40 tahun adalah usia yang krusial dalam perjalanan umur manusia. Disinilah titik tolak perubahan yang sangat radikal dalam diri seseorang, bahkan usia ini pun disebut sebagai fase istimewa yang banyak mengandung rahasia ataupun hikmah. 

Jadi, orang yang berusia 40 tahun benar-benar telah meninggalkan masa mudanya. Apa yang dialami pada usia 40 seringkali sifatnya stabil, mapan, dan kokoh. 

BACA JUGA:Usia 40 Tahun Penentu Kaya atau Tidak, Ini Amalan dari KH Mu'allim Dawam untuk Mengubah Takdir

Karenanya, perilaku di usia ini akan menjadi ukuran manusia pada perjalanan hidup berikutnya.

Ada banyak keistimewaan yang ditunjukkan dalam sejarah Islam tentang usia 40 tahun ini. Seperti halnya dalam al-Qashash 14 disebutkan, “Dan setelah Musa cukup umur dan sempurna akalnya, Kami berikan kepadanya hikmah (kenabian) dan pengetahuan.”

Bila usia 40 tahun, maka tidak lagi banyak memikirkan masa depan keduniaan, mengejar karir dan kekayaan. Melainkan sudah jauh berpikir tentang nasibnya kelak di akhirat. 

BACA JUGA:Polres Seluma Libatkan 1.200 Personel Linmas Untuk Amankan Pemilu 2024

Imam Ibnul Jauzi rahimahullah mengatakan, barangsiapa yang telah mencapai usia 40 tahun dan kebaikkannya belum mengalahkan keburukannya, hendaknya ia bersiap-siap ke neraka. 

Muhammad ibnu Amr ibnu Usman meriwayatkan dari Usman ra, dari Nabi SAW berkata: Seorang hamba yang muslim apabila usianya mencapai 40 tahun, Allah meringankan hisabnya. Apabila usianya mencapai 60 tahun, Allah SWT memberinya rezeki inabah (kembali ke jalanNya). Apabila usianya mencapai 70 tahun, penduduk langit menyukainya. Apabila usianya mencapai 80 tahun, Allah menetapkan kebaikan-kebaikannya dan menghapuskan keburukan-keburukannya. Apabila mencapai 90 tahun, Allah mengampuni semua dosanya yang terdahulu dan yang akan datang, dan mengizinkannya untuk memberi syafaat buat ahli baitnya dan dicatatkan di langit, bahwa dia adalah tawanan Allah di bumi-Nya.

BACA JUGA:Bukan hanya Mistis, Kucing Hitam Justru Pembawa Keberuntungan dan Kemakmuran

Rahasia umur 40 tahun seseorang mencapai kematangan emosional spritual dan intelektualnya. Sehingga, hal itulah yang membuat kedewasaan seseorang seharusnya terlihat pada usia 40 tahun. 

Seperti halnya kemampuan bersyukur, beramal saleh, menatap masa depan, bertaubat, dan berserah diri. Bersyukurlah di umur 40 tahun bisa memuliakan orangtua. Karena, orang sudah berkeluarga dan mempunyai anak disibukkan dengan urusan dunia terkadang lupa dengan orangtua.

Seperti diketahui, setiap yang berjiwa di dunia ini pasti akan menemui ajalnya. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surah Ali Imran ayat 185. Menyambut takdir tersebut, Malaikat Maut sendiri telah memperingatkan manusia untuk mempersiapkan bekal kematiannya, terlebih jika sudah memasuki umur 40 tahun.

BACA JUGA:Sakit Kepala karena Mikirin Utang, Obati dengan Bahan Alami Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: