Iklan dempo dalam berita

Setiap Hari Ini Katanya Malaikat Maut 5 kali Berdiri di Depan Pintu dan 70 kali Memandang Wajah Manusia

Setiap Hari Ini Katanya Malaikat Maut 5 kali Berdiri di Depan Pintu dan 70 kali Memandang Wajah Manusia

Setiap hari malaikat maut menatap wajah manusia dan berdiri depan pintu --

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Ada sebuah hadits yang menyebut bahwa Malaikat Maut memandang wajah manusia 70 kali sehari. 

Dikatakan, dalam aktivitasnya itu, malaikat yang juga disebut Izrail ini heran melihat tingkah manusia yang masih tertawa, sementara ajalnya sudah dekat.

Malaikat Maut adalah malaikat yang bertugas mencabut nyawa. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam surah As Sajdah ayat 11,

BACA JUGA:Bagi Orang yang Peka, Tanda Kematian Sudah Tampak Sejak 100 Hari Sebelum Ajal Tiba, Apa saja Tandanya?

قُلْ يَتَوَفّٰىكُمْ مَّلَكُ الْمَوْتِ الَّذِيْ وُكِّلَ بِكُمْ ثُمَّ اِلٰى رَبِّكُمْ تُرْجَعُوْنَ ࣖ

Artinya: "Katakanlah, "Malaikat Maut yang diserahi (tugas) untuk (mencabut nyawa)-mu akan mematikanmu, kemudian kepada Tuhanmulah kamu akan dikembalikan."

Adapun, hadits yang menyebut bahwa Malaikat Maut memandang wajah manusia 70 kali sehari termuat dalam Kitab At-Tadzkirah karya Imam Syamsuddin Al-Qurthubi. Ulama lain, seperti Imam as-Suyuthi turut meriwayatkannya dalam salah satu kitabnya.

Hadits tersebut berbunyi:

إن ملك الموت لينظر في وجوه العباد كل يوم سبعين نظرة، فإذا ضحك العبد الذي بعث إليه يقول: يا عجبا، بعثت إليه لأقبض روحه وهو يضحك

Artinya: "Sesungguhnya Malaikat Maut memandang wajah para hamba setiap hari 70 kali. Ketika manusia tertawa, Malaikat Maut yang diutus itu pun berkata: Sungguh aneh dia, aku diutus untuk mencabut rohnya, sedangkan ia masih sempat tertawa."

BACA JUGA:Ternyata Tanda Kematian Seseorang Bisa Dilihat dari Betisnya, Begini Ciri-cirinya Menurut Gus Baha

Imam Syamsuddin Al-Qurthubi menjelaskan, hadits tersebut diriwayatkan Abu Hadbah Ibrahim bin Hadbah dari Anas bin Malik RA, dari Rasulullah SAW. 

Dalam At-Tahrir Al-Murassakh dikatakan bahwa hadits tersebut adalah maudhu' atau palsu. Menurut Ibnu Hatim, Abu Hadbah adalah pendusta.

Selain itu, ada pula hadits yang menyebut bahwa Malaikat Maut berdiri di pintu rumah-rumah lima kali sehari. Hadits ini diriwayatkan secara marfu' pada khabar yang masyhur dalam Kitab Al-Arba'in, dari Anas bin Malik RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: