Iklan dempo dalam berita

Solusi Paling Ampuh dan Masuk Akal Saat Gagal Bayar Pinjaman Online, Ini Caranya

Solusi Paling Ampuh dan Masuk Akal Saat Gagal Bayar Pinjaman Online, Ini Caranya

Solusi Paling Ampuh dan Masuk Akal Saat Gagal Bayar Pinjaman Online, Ini Caranya--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Galbay adalah singkatan dari gagal bayar. Sedangkan pinjol yang dimaksud adalah pinjaman online. Artinya seorang yang mengakses pinjol sedang mengalami gagal bayar atau tidak mampu membayar pinjamannya. 

Alasan gagal bayar ini bisa bermacam-macam seperti bisnis yang tidak berjalan lancar seperti yang diharapkan. Bisa juga dikarenakan mendapatkan PHK dari tempat bekerja sehingga cicilan menjadi tertunggak. 

Demi menghindari galbay pinjol, Anda seharusnya bisa melakukan beberapa cara. Pertama adalah memperhatikan berapa kemampuan keuangan diri sendiri, sehingga tahu berapa limit yang bisa diambil.

BACA JUGA:Berani Galbay di Tunaiku? Ini Besaran Denda yang Harus Dibayarkan saat Pinjam Rp12.000.000

Kedua, Anda juga perlu memperhatikan berapa jumlah cicilan yang harus dibayarkan dan juga tenor demi menghindari kesalahan bayar. 

Ketiga Anda seharusnya mengakses pinjaman online legal yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tujuannya adalah untuk keamanan data sampai penagihan yang dilakukan sesuai Undang-Undang. 

Anda yang tidak berhati-hati dalam mengakses pinjaman online dan mengalami gagal bayar, mau tidak mau akan mengalami beberapa risiko merugikan. Risiko ini bisa saja terjadi dalam jangka panjang yang berhubungan dengan pengajuan pinjaman di masa depan. 

BACA JUGA:Begini Cara agar Tidak Diteror DC saat Galbay, Cek 26 Pinjol OJK yang Tidak Punya Debt Collector Lapangan

Berikut ini beberapa risiko yang akan Anda hadapi. 

1. Denda sekaligus Bunga yang Membengkak

Semua pinjaman online menerapkan bunga. Bedanya, galbay pinjol resmi memberikan bunga sekaligus denda yang sesuai dengan peraturan. OJK sudah menetapkan di tahun 2022 bahwa bunga pinjol legal adalah 0,4% per hari untuk pinjaman 30 hari. Pada pinjaman produktif dan tenor panjang bunganya hingga 12%-14%. 

Jika Anda meminjam di pinjol ilegal otomatis bunga serta denda yang diberikan akan lebih banyak dari ketetapan tersebut. Risiko hutang yang terus meningkat akan didapatkan sehingga membuat Anda semakin kesulitan untuk membayarnya. 

BACA JUGA:Galbay Bikin DC Datang ke Rumah, Ini 26 Aplikasi Pinjol OJK yang Tidak Punya Debt Collector Lapangan

2. Penagihan Langsung oleh Debt Collector

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: