Iklan dempo dalam berita

Lebong Dapat Rp 28 Miliar DAK Fisik, Ini Peruntukannya

Lebong Dapat Rp 28 Miliar   DAK Fisik, Ini Peruntukannya

--

LEBONG, RBTV.COM - Pemerintah Kabupaten Lebong memastikan tingkat serapan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022 nyaris mencapai 100 persen. Dari total Rp 170 miliar DAK tahun 2022, hanya ada Rp 6 miliar yang gagal salur karena persoalan teknis.

DAK yang batal salur yakni program BSPS atau bedah rumah dan pengadaan Alkes RSUD Lebong. Meski demikian, pada APBN perubahan tahun 2023 ini Pemkab Lebong kembali mengusulkan kucuran dana untuk program tersebut.

BACA JUGA:ASN Benteng Ingat Ini, Sekda Minta Jangan Nambah Libur

Dikatakan Kepala BKD Lebong, Erik Rosadi, tahun 2023 ada kenaikan DAK nonfisik sebesar Rp 5 miliar dan penurunan DAK fisik sebesar Rp 88 miliar. 

"Untuk serapan sudah hampir 100 persen berdasarkan laporan dari bidang perbendaharaan," kata Erik.

BACA JUGA:Mobil Kompong Masih Angkut Penumpang di Pasar Bawah

Sementara pada tahun 2023 Pemkab Lebong hanya mendapat jatah Rp 28 miliar DAK Fisik yang diperuntukkan kepada 3 sektor, yakni pembangunan jalan sebesar Rp 14,9 miliar, Rp 10,3 miliar untuk pendidikan dan Rp 3,5 miliar bidang kesehatan.

BACA JUGA:Wabup Kaur Jalani Operasi Bedah Tulang di RSUD M. Yunus

"Kalau DAK itu kan jenis anggaran yang sudah ada item pekerjaannya dari Kementerian Keuangan. Jadi tidak bisa kita ubah ke kegiatan lain," tegas Kepala BKD. (Robi Ardiansyah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: