Iklan dempo dalam berita

Pernah Beli Semen? Pernah Tidak Perhatikan Kode OPC, PPC atau PLC? Pahami juga 13 Jenis Semen

Pernah Beli Semen? Pernah Tidak Perhatikan Kode OPC, PPC atau PLC? Pahami juga 13 Jenis Semen

Banyak yang belum tahu kode yang ada pada kemasan semen--

1. Semen Portland Biasa (OPC) atau Portland Composite Cement (PCC)

Semen Portland biasa adalah tipe semen yang paling banyak digunakan pada konstruksi bangunan dengan produksi global tahunan sekitar 3,8 juta meter kubik per tahun. "Portland" adalah nama generik yang berasal dari jenis batu bangunan yang digali di Isle of Portland di Dorset, Inggris. Semen jenis ini cocok digunakan untuk sebagian besar pekerjaan beton umum dan proyek konstruksi mortar atau plesteran.

BACA JUGA:Misteri Hantu Air Penjaga Sungai Musi Palembang, Bisa Sebabkan Orang Tenggelam

2. Semen Portland Pozzolana Cement (PPC) atau Super Portland Pozzolan

Semen Portland Pozzolana dibuat dengan menggiling klinker pozzolanic dengan semen Portland. Jenis semen ini juga terkadang diproduksi dengan menambahkan pozzolana dengan penambahan gipsum atau kalsium sulfat atau dengan mencampurkan semen Portland dan pozzolana halus.

Semen ini memiliki daya tahan yang tinggi terhadap berbagai reaksi kimia pada beton dibandingkan dengan semen Portland biasa. Jenis semen ini banyak digunakan dalam proyek struktur laut, pekerjaan pembuangan limbah, dan untuk meletakkan konstruksi beton di bawah air, seperti untuk pembuatan jembatan, dermaga, bendungan, dan masih banyak lagi.

3. Semen Putih atau White Portland Cement

Semen putih adalah jenis OPC yang berwarna putih, bukan abu-abu. Jenis semen portland tipe ini dibuat menggunakan bahan mentah yang tidak mengandung oksida besi dan memiliki harga yang relatif lebih mahal daripada jenis semen lainnya. Semen putih sering digunakan dalam proyek arsitektur serta proyek dekoratif interior dan eksterior seperti merancang jalur taman, lantai, kolam renang, dan produk beton hias lainnya.

4. Semen Alumina Tinggi atau High Alumina Cement

Semen alumina tinggi adalah jenis semen yang cepat mengeras. Jenis semen ini dibuat dengan melelehkan bauksit dan kapur bersama-sama lalu menggilingnya menggunakan klinker. Semen alumina tinggi memiliki kekuatan tekan yang tinggi dan mungkin lebih fleksibel serta bisa diterapkan daripada OPC. Tim konstruksi dapat menggunakan semen alumina tinggi untuk proyek di mana semen terkena cuaca ekstrem seperti suhu tinggi atau embun beku.

BACA JUGA:Sering Diabaikan, Ternyata 8 Sifat Istri Berikut Ini Jadi Penghambat Rezeki Suami

5. Semen Batu Kapur Portland (PLC)

Semen batu kapur Portland adalah campuran semen Portland dan 5% hingga 15% batu kapur halus. Sifatnya mirip dengan semen Portland biasa yang digunakan untuk penggunaan umum. Namun, jenis semen ini juga memiliki emisi gas rumah kaca sekitar 10% lebih rendah, yang mana lebih ramah terhadap lingkungan dan lebih sustain.

6. Semen Rapid Hardening

Kontraktor atau tim konstruksi dapat memilih semen rapid hardening atau yang cepat mengeras karena kekuatannya yang lebih tinggi pada tahap awal proses pengerasan. Kekerasan dari jenis semen ini dalam tiga hari akan sebanding dengan kekerasan dari OPC pada tujuh hari dengan rasio air-ke-semen yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: