Iklan dempo dalam berita

Cukupkan 8 Syarat Menurut Islam Ini, Rezeki Bakal Mengejar Anda, Nomor 1 Bisa Dilakukan Setiap Orang

Cukupkan 8 Syarat Menurut Islam Ini, Rezeki Bakal Mengejar Anda, Nomor 1 Bisa Dilakukan Setiap Orang

8 sumber rezeki menurut Islam--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Selama ini yang kita tahu jika ingin mendapat rezeki, maka bekerjalah. Anggapan itu tidak salah. Namun yang perlu kita ketahui, sumber rezeki tidak hanya dari bekerja.

Sumber datangnya rezeki dapat berasal dari mana saja dan tidak hanya terbatas dari yang diusahakan manusia. Allah SWT sudah menjanjikan hal ini dalam sejumlah ayat Al-Qur'an.

Imam Ibnu Katsir menerangkan dalam Kitab Tafsir-nya menjelaskan, Allah SWT menjamin rezeki makhluk-Nya, termasuk semua hewan melata di bumi baik yang kecil maupun besar, yang ada di daratan maupun di lautan. 

Sifat Allah SWT Maha Pemberi Rezeki inilah kemudian dijelaskan dalam Asmaul Husna Ar Razzaq. Imam Al Ghazali pernah berkata,

BACA JUGA:5 Perbuatan yang Membuat Rezeki Seret, Jangan Lakukan jika Tidak Mau Hidup Miskin

"Dia yang menciptakan rezeki dan menciptakan yang mencari rezeki, serta Dia pula yang mengantarkan kepada mereka dan menciptakan sebab-sebab sehingga mereka dapat menikmatinya." jelasnya yang diterjemahkan oleh Quraish Shihab dalam buku Al-Asma' Al Husna dalam Perspektif Al-Qur'an.

Dalam hadits dari Abdullah bin Mas'ud RA, diceritakan bahwa Ummu Habibah pernah berdoa pada Allah SWT untuk meminta rezeki berupa usia. Mendengar hal itu, Rasulullah SAW pun berkata,

"Sesungguhnya, kamu memohon kepada Allah SWT; ajal, kematian, dan rezeki yang telah ditentukan, di mana Allah tidak akan mengajukan ataupun mengundurkan sebelum waktunya. Apabila kamu memohon kepada Allah SWT agar Dia menyelamatkanmu dari siksa neraka dan siksa kubur maka hal itu lebih baik bagimu." (HR Muslim)

BACA JUGA:Dijamin Debt Collector Menyerah, Lakukan 5 Hal Berikut, Jadi Nasabah juga Harus Cerdik

8 Pintu Rezeki yang Tercantum dalam Al-Qur'an

1. Bersedekah

مَنْ ذَا الَّذِيْ يُقْرِضُ اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضٰعِفَهٗ لَهٗٓ اَضْعَافًا كَثِيْرَةً ۗوَاللّٰهُ يَقْبِضُ وَيَبْصُۣطُۖ وَاِلَيْهِ تُرْجَعُوْنَ

Artinya: Siapakah yang mau memberi pinjaman yang baik kepada Allah? Dia akan melipatgandakan (pembayaran atas pinjaman itu) baginya berkali-kali lipat. Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki). Kepada-Nyalah kamu dikembalikan. (QS Al Baqarah: 245)

2. Jaminan dari Allah SWT

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: