Iklan dempo dalam berita

Bagi Sebagian Ulama, Makan Daging Ini Bisa Membatalkan Wudhu

Bagi Sebagian Ulama, Makan Daging Ini Bisa Membatalkan Wudhu

Sebagian ulama berpendapat makan daging unta membatalkan wudhu--

إِذَا وَلَغَ الْكَلْبُ فِى الإِنَاءِ فَاغْسِلُوهُ سَبْعَ مَرَّاتٍ وَعَفِّرُوهُ الثَّامِنَةَ فِى التُّرَابِ

Artinya: "Ketika anjing menjilat bejana, maka basuhlah tujuh kali dengan dicampuri debu pada awal pembasuhannya." (HR. Muslim).

Dalam hadits lain, Rasulullah SAW juga bersabda: "Sucinya bejana kalian semua ketika dijilat anjing adalah dengan dibasuh tujuh kali, yang pertama dicampuri oleh debu." (HR. Muslim).

BACA JUGA:10 Bau Tanda Ada Mahluk Halus di Sekitarmu, Salah Satunya Bau Buah Sawo

Air liur anjing yang bersifat 'ainiyyah ini masih terlihat dan tampak wujudnya dan dapat ditangkap oleh indera manusia, seperti misalnya masih tercium baunya. Najis 'ainiyyah ini lebih mudah disucikan.

Adapun air liur anjing yang bersifat hikmiyyah ini sudah tidak ada lagi wujudnya tetapi hakikatnya masih ada, seperti misalnya jilatan air liur anjing pada lantai yang telah mengering.

Apabila seseorang tidak mengetahui di mana pastinya tempat najis itu berada, sebaiknya ia melakukannya dengan cara yang paling aman yaitu dengan mencuci pakaian dan anggota badan yang terbuka (tidak tertutup pakaian), misalnya kaki atau tangan. Cara mencucinya dengan dicuci sebanyak tujuh kali dan sekali dengan air yang bercampur tanah.

Hasan Ayyub menyebutkan dalam bukunya Fikih Ibadah: Panduan Lengkap Beribadah Sesuai Sunnah Rasul, apabila jika suatu benda licin seperti cermin, pisau, dan kaca di atasnya terdapat najis lalu diusap sehingga bekas najis itu menjadi hilang, maka benda itu telah suci. Kecuali, air liur anjing yang jatuh di suatu tempat.

BACA JUGA:10 Bau Tanda Ada Mahluk Halus di Sekitarmu, Salah Satunya Bau Buah Sawo

Tempat itu tidak menjadi suci kecuali dengan dicuci sebanyak tujuh kali yang salah satunya disertai dengan tanah. Sebaiknya, pada basuhan pertama disertai dengan tanah.

Basuhan pertama dihitung dari basuhan yang menghilangkan zat najis tersebut. Dengan demikian, selama zat najis itu masih ada, maka basuhan yang dilakukan masih dianggap satu hingga hilangnya benda najis tersebut.

Manfaat Membalurkan Tanah

Mengutip buku 100++ Tanya Jawab Seputar Bersuci yang ditulis oleh Hasan Rifa'i Al-Faridy dan Iqbal Setyarso, disebutkan bahwa tanah merupakan penetrasi yang paling tinggi untuk kuman (mikroba) yang terdapat dalam kandungan air liur anjing, dibandingkan dengan antiseptik lain seperti misalnya alkohol. Selain itu, tanah mudah dimengerti oleh setiap orang dan mudah didapat di manapun berada.

Lantas, apakah boleh mengganti tanah dengan benda lain yang dapat membersihkan dan mudah ditemui seperti misalnya sabun?

Bolehkan Mengganti Tanah dengan Sabun?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: